Jelang Idul Fitri, LAPAN: Asteroid Besar Akan Mendekati Bumi | DAILYPOST.ID

Headlines

Jelang Idul Fitri, LAPAN: Asteroid Besar Akan Mendekati Bumi

Foto: MINEWS ID

DAILYPOST.ID – Menjelang Idul Fitri 1441, akan ada asteroid yang mendekati bumi dengan ukuran lebih besar.

Hal ini diungkapkan oleh Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

LAPAN menyebut asteroid tersebut adalah asteroid 1977 BQ atau 136795. Sesuai data yang diperoleh dari Center of Near Earth Object Studies (CNEOS) kepunyaan NASA, asteroid 1997 BQ aakan mendekati bumi pada hari Kamis, 21 Mei 2020 pukul 21.44 Universal Time atau Jumat, 22 Mei 2020 Waktu Indonesia Barat di jarak 6,16 juta kilometer.

Asteroid itu memiliki kecepatan relatif, yakni 11,68 kilometer per detik saat mendekati Bumi.

“Ukuran asteroid ini sekitar 650 meter hingga 1,5 kilometer. Asteroid 1997 BQ dikategorikan sebagai asteroidApollo dan Potentially Hazardous Asteroid (PHA) dengan kelas spektral S,” tulis LAPAN dikutip oleh DAILYPOST.ID.

Mengapa Asteorid Bisa Jatuh?

Menurut Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, tarikan gravitasi planet dapat mengubah lintansan orbit asteroid. Baik asteroid sesatan (stray asteroid) maupun pecahan dari tabrakan asteroid terdahulu diyakini telah menabrak Bumi di masa silam, yang berperan penting dalam evolusi planet Bumi hingga seperti saat ini.

Sedangkan menurut Planetary Defense Coordination Office NASA, jatuhnya asteroid adalah proses alami yang terjadi terus menerus. Setiap harinya, material seberat 80 hingga 100 ton, asteroid jatuh ke Bumi dari luar angkasa dalam bentuk debu dan meteorit kecil (pecahan asteroid yang hancur di atmosfer Bumi). (Daily01/DariBerbagaiSumber)

 

Comments
To Top