Kadis Kominfo Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan "SIPARDI" untuk Berjualan di Tengah Pandemi Corona | DAILYPOST.ID
Headlines

Kadis Kominfo Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan “SIPARDI” untuk Berjualan di Tengah Pandemi Corona

LIMBOTO DAILY– Wabah virus Corona menjadi penghambat bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontalo. Salah satunya adalah menurunnya penjualan mereka.

Para konsumen yang biasanya keluar rumah dan mendatangi lapak pedagang untuk membeli sesuatu, tentu jumlahnya menjadi berkurang dengan kondisi saat ini.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo Haris Tome mengajak para pelaku usaha untuk beralih ke platform marketplace online.

Loading...

Karena saat ini kebanyakan warga pun lebih banyak yang memilih untuk belanja online. Dengan memperkuat pasar online, pedagang bisa tetap terkoneksi dengan konsumennya secara digital.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Kominfo mensosialisasikan platform marketplace Sistem Pasar Rakyat Digital “SIPARDI” yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM yang ada di Gorontalo.

“Kita ekspansi ke sini dalam rangka mengedukasi masyarakat agar supaya merubah perilaku mindsetnya dalam menyongsong era new normal di tengah pandemi covid-19,” kata Haris saat melakukan sosialisasi dan pendataan kepada sejumlah pelaku usaha di Kecamatan Telaga, Kamis (28/5/2020).

Loading...

Haris mebeberkan, sudah ada 180 lebih pelaku usaha yang terdaftar di sistem SIPARDI, dengan jumlah konsumen yang sudah mencapai 300an, baik dari Kabupaten Gorontalo maupun luar Kabupaten.

“Bahkan dari kota juga ada. Jadi marketplace ini bisa dimasuki oleh siapapun, karena ini semua kebutuhan. Kenapa? karena regenarasi kita berubah secara terus-menerus,” ujarnya.

“Saya berharap ini bisa mulai dimanfaatkan oleh para pedagang, oleh pelaku UMKM untuk membuat marketnya menjadi lebih luas, karena dalam dalam sistem online itu jejaringan sangat luas dan itu kita coba dorong pelan-pelan,” tukas Haris.

Kartin Usman, salah satu pelaku usaha di bidang fashion bernama ‘ZZ Hijab’ yang beralamat di Kecamatan Tibawa, saat ini memanfaatkan SIPARDI dalam menjalankan bisnisnya.

“Wabah COVID-19 ini memang sangat berpengaruh terhadap usaha saat ini,” kata Kartin.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Tiara, pelaku UMKM dengan produk cabai. Sejak adanya pandemi virus Corona, ia terus mencari peluang dengan memanfaatkan SIPARDI.

Ia pun mengakui perkembangan media online saat ini menyuguhkan berbagai kemudahan bagi pengguna khususnya pelaku UMKM. (Daily01)

#DailypostID #DailypostGorontalo #Sipardi #PemkabGorontalo #Diskominfo #HarisTome #MediaCyberMillennial
Loading...

Comments
To Top