Universitas Gorontalo, Kampus Swasta Pilihan di Gorontalo | DAILYPOST.ID

Advetorial

Universitas Gorontalo, Kampus Swasta Pilihan di Gorontalo

Foto: istimewa/ug

ARTIKEL DAILY– Memilih perguruan tinggi memang bukan hal yang mudah. Karena jumlah perguruan tinggi negeri atau pun swasta di Indonesia yang banyak sekali, khususnya di kawasan Gorontalo, sehingga pilihan pun makin banyak.

Hmm, tapi kalau makin banyak tentu kamu akan semakin bingung. Nah, untuk mempermudah kamu dalam menentukan pilihan, kami akan memberikan referensi melalui artikel berikut ini.

Oke, buat adik-adik SMA yang sedang merencanakan kemana akan berkuliah selanjutnya atau buat kamu yang sudah lulus SMA namun masih mempersiapkan untuk masuk ke perguruan tinggi, apakah kamu sudah menentukan kampus tujuan kamu? Mau negeri atau swasta?

Kebanyakan orang pasti akan memilih negeri sebagai pilihan utama. Tapi tahu nggak sih, ternyata ada perguruan tinggi swasta unggulan di Gorontalo yang telah “mencetak” banyak alumni berprestasi? Wahhh, kok bisa ya? Mungkin kamu bingung, Tapi kalau sudah lihat lulusan serta fasilitas belajar yang ditawarkan, kamu pasti akan setuju dengan predikat tersebut.

Universitas Gorontalo alias UG, merupakan salah satu universitas swasta tertua di Gorontalo. Universitas Gorontalo awalnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gorontalo, perguruan tinggi yang berada dibawah badan hukum Yayasan Pendidikan Duluwo Limo Lopohalaa Gorontalo, yang mulai beroperasi pada tahun 1986. Hehe tua banget kan?

Karena sudah berdiri sejak lama, tak heran kalau kampusnya juga sangat terkenal. Baik di kalangan swasta maupun negeri. Walaupun berpredikat kampus swasta, namun dari segi fasilitas pembelajaran maupun pendidikan sangat terjamin.

UG juga biasanya dijadikan sebagai salah satu universitas swasta pilihan nomor satu. Berikut ini beberapa alasan kenapa UG harus kamu jadikan pilihan perguruan tinggi sebagai tempat kamu berkuliah.

Akreditas B

Setiap perguruan tinggi di Indonesia wajib mendapatkan predikat akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Baik swasta maupun negeri semuanya sama saja. Seperti UG, perguruan tinggi ini berhasil meraih akreditasi B. Dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta lain, UG memang sangat pantas mendapatkan predikat ini.

Profesional dan Berpengalaman

Perguruan tinggi manapun harus bisa memberikan fasilitas pendidikan yang layak dan sesuai standar. Dosen-dosen yang mengajar pun harus profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Dalam hal ini, UG dikenal sebagai kampus berpengalaman yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun, tak heran bila dosen-dosen yang mengajar pun sangat kompeten dan berdedikasi tinggi.

Lokasi yang Strategis

Memang paling enak itu kalau bisa berkuliah di dekat rumah ataupun di kampus yang mudah dijangkau seperti UG. Berlokasi di kawasan perkotaan sangat memudahkan UG diakses oleh siapa saja. Akomodasi kendarannya pun banyak pilihan, ada Bentor (becak motor), mobil mikro, ojek hingga kendaraan online pun bisa. Bahkan kalau mau sih kamu juga bisa saja kos di sekitar UG, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk transportasi.

Baca Juga |  Teori Konspirasi Keliru Adalah Tidak Tepat

Oiya, untuk soal fasilitas lingkungan juga sangat mendukung! Bank, ATM bisa ditemui dimana saja, rumah sakit, kantor polisi, pusat perbelanjaan, resto, cafe di lokasi sekitar juga ada. Sehingga kawasan UG bisa dibilang masuk ke dalam kawasan yang strategis dan memiliki fasilitas lengkap baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Memiliki 17 Jurusan!

Hayoo, kamu sudah menentukan belum mau masuk jurusan mana? Sosial, politik, kesehatan, teknik, pertanian, hukum atau ekonomi ? Kalau kamu masih SMA atau baru lulus, dan masih bingung memilih jurusan hal yang perlu kamu lakukan sekarang adalah memastikan minat dan bakatmu, setelah itu carilah jurusan yang sesuai.

Di UG sendiri kamu bisa menemukan 17 jurusan yang rata-ratanya sudah memiliki akreditasi B. Baik untuk program S1 maupun S2. Jadi, kamu bisa banyak pilihan jurusan hanya dalam satu kampus saja.

Fasilitas Kampus Lengkap

Demi mendukung efektifitas belajar kamu dibutuhkan fasilitas kampus yang memadai, seperti perpustakaan, meskipun saat SMA kamu jarang ke perpus tetapi saat kuliah kamu malah bisa menjadikan perpus sebagai tempat favorit. Ini karena saat perkuliahan, tugas yang diberikan dosen selalu berhubungan dengan buku yang ada di perpus kampusmu, tugas seperti pembuatan makalah yang akan menjadi pekerjaan rutin mu. Makanya biar gak repot cari buku ke kampus lain, ya kamu harus cari kampus yang bisa memberikan fasilitas tersebut, seperti UG.

UG merupakan perguruan tinggi swasta yang memiliki fasilitas lengkap, mulai dari perpustakaan, ruangan kelas ber-AC, spot wifi, kantin, aula pertemuan, RTH, ruang belajar hingga mini teater! Makin lengkap tentu mahasiswa akan makin betah dong?

Jadi selain mata kuliah akademik, fasilitas pendukung kegiatan kemahasiswaan atau organisasi juga diperlukan. UG sendiri sudah terbukti memenuhi kriteria tersebut melalui fasilitas yang disediakan. Artinya lewat fasilitas tersebut, sepenuhnya UG sudah memberikan kuasa pada mahasiswa untuk berkembang sekreatif mungkin.

Kamu bisa aktif dalam organisasi seni ataupun BEM. Saat kamu aktif, kreatif dan berprestasi kan bukan hanya kamu saja yang bangga, tapi nama perguruan tinggi pun akan semakin harum.

Biaya Kuliah Perguruan Tinggi yang Terbilang Murah

Tinggi atau rendahnya biaya kuliah tergantung dengan perspektif kamu. Penulis sendiri menyarankan saat kamu masuk ke suatu perguruan tinggi baiknya jangan terlalu mengkhawatirkan soal biaya apalagi kalau kamu memang murid berprestasi. Lalu bagaimana dengan biaya pendidikan di UG? Kalau sekelas swasta, biaya UG masih masuk dalam kategori murah dan terjangkau. Bahkan UG juga menyediakan jalur beasiswa untuk kamu yang berprestasi.

Itulah beberapa alasan mengapa UG wajib kamu jadikan pilihan perguruan tinggi swasta utama sebagai tempat kamu berkuliah.

Bagaimana Cara Agar Bisa Masuk ke UG?

Setelah membaca ulasan di atas, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana sih cara agar kamu bisa masuk ke UG?

Baca Juga |  Dosen UG Ramdhan Olii Raih The Best Presenter di ICISHT 2020

Pertama, tentu kamu harus lulus dan punya ijazah atau surat keterangan lulus dulu. Kedua, kamu bisa mencari informasi mengenai jadwal pendaftaran masuk UG.

Jangan lupa untuk mencatat jadwalnya agar kamu tidak lupa ya. Ketiga, setelah jadwal kamu juga harus mencari tahu apa saja sih persyaratannya? Nah, dari situ kamu bisa persiapkan semua berkas persyaratan.

Jangan mendadak, minimal kamu sudah cari informasi H-60 hari agar segala persiapan sudah matang dan kamu tinggal mengirimkan berkas serta mengikut tes saja. Pada dasarnya sih untuk alur pendaftaran PMB UG sama saja dengan kampus lain. Namun bedanya ada pada waktu pendaftaran saja.

Apa Saja Fakultas yang Ada di UG?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya kalau di UG terdapat banyak jurusan yang dirumpun menjadi fakultas. Nah, berikut adalah beberapa fakultas yang ada di UG:

1. Fakultas Ekonomi
2. Fakultas Hukum
3. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
4. Fakultas Teknik
5. Fakultas Kehutanan
6. Fakultas Pertanian
7. Fakultas Kesehatan Masyarakat
8. Dan Program Pascasarjana Prodi Magister Hukum dan Magister Manajemen.

Kalau dilihat dari jenis fakultasnya saja sudah beragam sekali kan? Bagi kamu yang saat bersekolah baik dari jurusan IPA atau IPS dapat memilih jurusan apa saja di UG. Kalau anak IPA mau masuk jurusan berbau IPA maka bisa masuk Teknik, Kesehatan, Kehutanan atau Pertanian.

Sementara untuk anak IPS nya bisa saja masuk jurusan hukum, sosial, politik, atau ekonomi. Kalau mau lintas jurusan bisa nggak? Tentu saja bisa. Lintas jurusan selalu diperbolehkan untuk mahasiswa baru sebab nantinya pembelajaran pun akan dimulai dari ilmu-ilmu dasar.

Oke, kan di atas kamu sudah mengetahui all about UG dengan cukup lengkap. Jadi, bagaimana kamu sudah merasa tertarik untuk masuk UG? Kalau berdasarkan penjelasan sih harusnya tertarik. Apalagi dengan akreditas kampus yang sudah mendapatkan predikat baik, keraguan soal sekolah swasta yang tidak bagus harus bisa dihapuskan di benak mu.

Karena pada dasarnya, mau swasta atau negeri ya sama saja. Tidak akan membuatmu jadi mahasiswa berprestasi dan menjual kalau kamu asal-asalan berkuliah. Sebaiknya kalau kamu memiliki prestasi mau di negeri atau swasta, nama kamu akan tetap dikenal.

Sekian pembahasan soal Kampus UG kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat. (Daily08)

Comments
To Top