Apresiasi KKN Kolaborasi UG-UGM, LPPM UGM Tertarik Bangun Kerjasama Lagi | DAILYPOST.ID

Headlines

Apresiasi KKN Kolaborasi UG-UGM, LPPM UGM Tertarik Bangun Kerjasama Lagi

DAILYPOST.ID – Baru-baru ini, Universitas Gorontalo (UG) bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan Dharma Pengabdian melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan.

Kolaborasi ini, merupakan realisasi MOU antara UG, UGM, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo, dan sejumlah Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Gorontalo.

Satuan Pelaksana (Satpel) KKP UG sendiri telah mengutus 15 mahasiswa UG yang terdiri dari 2 fakultas, yakni Fakultas Teknik dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) untuk menjadi bagian dari pelaksanaan KKN Kebangsaan bersama UGM ini.

Restorasi sungai dan penanganan covid-19 di Desa Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo jadi fokus KKN UG dan UGM kali ini.

Dari kegiatan itu, Wakil Rektor 3 UG, Dr. Dikson Junus, M.PA harap ada sebuah model atau ada satu hasil baik yang dilahirkan.

“Sehingga itu akan menjadi kebutuhan baik bagi kampus, pemerintah daerah dan terutama bagi masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya sampai disitu, kerjasama di bidang dharma pengabdian yang dilaksanakan UG dan UGM ini, mendapat apresiasi dari pihak LPPM UGM, Sulaiman.

Seperti yang disampaikan Wakil Rektor UG, Sulaiman juga berharap kolaborasi KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa UG dan UGM bisa menjadi salah satu model kolaborasi KKN-PPM daring dan KKP Luring.

“Alhamdulillah, semoga kolaborasi KKN di Pentadio Timur berjalan lancar dan menjadi salah satu model kolaborasi KKN-PPM daring & KKP luring,” kata Sulaiman.

Kemudian, atas kerjasama antar UG dan UGM ini, pihak LPPM UGM mengaku tertarik untuk bekerjasama lagi dengan pihak UG. Dimana, Sulaiman selaku perwakilan dari UGM, pertama meminta dan mengusulkan untuk melanjutkan dan merealisasikan konsep konservasi DAS melalui Gerakan Restorasi Sungai dari hulu ke hilir antara lain dengan KKN/KKP.

Baca Juga |  Sekda Gorut Buka Rakor Implementasi Germas sebagai Lokus Stunting 2020

Selanjutnya, dalam rangka mendukung KKN Kolaborasi, UGM mengusulkan kerjasama dengan UG, menyelenggarakan Webinar dengan Tema Konservasi DAS dan GRSDI. Dimana UGM sendiri meminta dua narasumbernya berasal dari Universitas Gorontalo.

Adapun dua nama yang diusulkan UGM untuk menjadi narasumber pada Webinar Konservasi DAS dan GRSDI nanti adalah Dr. Muh. Ramdhan Olii, ST, MT dan Ir. Aleks Olii, SH, M.Sc, MH.

Dipilihnya kedua narasumber itu karena dianggap orang yang berkompeten di bidang tersebut.

Selain melibatkan 2 narasumber dari UG, webinar konservasi DAS dan GRSDI itu juga akan menghadirkan 7 narasumber lainnya, antara lain berasal dari UGM, BWS Sulawesi II, dan KPS Formula 45. (Daily08)

Comments
To Top