Banyak Mahasiswa Sulit Biayai Kuliah, Ibrahim Harap Pemkab Gorontalo Tiru "Bone Bolango Cemerlang" | DAILYPOST.ID

Advetorial

Banyak Mahasiswa Sulit Biayai Kuliah, Ibrahim Harap Pemkab Gorontalo Tiru “Bone Bolango Cemerlang”

Foto :Dok.humasunigo

DAILYPOST.ID – Rektor Universitas Gorontalo (UG), Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, berharap keseriusan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam penangani kesulitan mahasiswa yang berasal dari daeranhnya dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Ibrahim meminta pemerintah memperhatikan kondisi mahasiswa terutama yang kurang mampu dalam menuntut ilmu.

Ia mendorong pemerintah Kabupaten Gorontalo mencontohi program yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam membangun dan memajukan sektor pendidikan di daerah itu.

Seperti program beasiswa Bone Bolango Cemerlang yang diperuntukkan bagi mahasiswa asal Kabupaten Bone Bolango.

“Khusus mahasiswa di Kabupaten Gorontalo, kita tahu bahwa orang tua mahasiswa tidak semuanya itu mampu, dengan kondisi sekarang yang serba terbatas, apalagi mahasiswa yang mengharapkan biaya studi dari orang tua tentu juga mengalami beberapa hambatan, dan UG merasakan itu,” tutur Ibrahim.

Karena itu, Ibrahim mendorong Pemerintah Kabupaten Gorontalo agar lebih proaktif mendata mahasiswa kurang mampu untuk diberikan bantuan pendidikan atau beasiswa.

“Paling tidak semacam bantuan kepada mahasiswa yang ada di kabupaten gorontalo yang memang mengalami hambatan dalam hal pembayaran biaya kuliah karena orang tuanya tidak mampu,” ujar Rektor.

“Kalau Bone Bolango itu sudah rutin 4 tahun terakhir, dimana bupati melalui Kementerian menyurat ke semua perguruan tinggi agar mengumumkan kepada semua mahasiswa Bone Bolango yang ada di perguruan tinggi manapun itu untuk mendaftar sebagai calon penerima beasiswa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, ada sekitar 600 hingga 700 mahasiswa yang dibiayai oleh Pemkab Bone Bolango dengan besaran Rp 2 juta pertahun. Dan di UG, ada sekitar 60 mahasiswa yang diberi bantuan.

“Memang tidak semuanya karena tentu akan diverifikasi sesuai dengan syarat yang mereka tentukan, dan paling tidak mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu,” sambung Rektor.

Baca Juga |  Rio Potale: Jangan Benturkan Bawaslu dan KPU

“Meski cuma 2 juta rupiah setiap tahun, tapi itu cukup membantu mereka,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Ibrahim berharap Pemkab Gorontalo dapat melakukan hal sama, mengikuti cara-cara seperti Pemkab Bone Bolango untuk meringankan beban biaya kuliah masyarakat di daerahnya.

“Saya berharap Pemkab Gorontalo bisa mengikuti cara-cara seperti itu walaupun tidak seberapa tapi membantu. Barangkali ada orang per orang yang memasukan permohonan beasiswa di pemda, tapi yang dilakukan seperti Bone Bolango secara kelembagaan seperti itu belum ada di Kabupaten Gorontalo,” pungkas Rektor. (Daily08)

Comments
To Top