Webinar Oleh KKN Kolaborasi UG-UGM, Bahas Konservasi DAS & Restorasi Sungai | DAILYPOST.ID

Advetorial

Webinar Oleh KKN Kolaborasi UG-UGM, Bahas Konservasi DAS & Restorasi Sungai

DAILYPOST.ID – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Universitas Gorontalo (UG) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Web Seminar (Webinar) Sarasehan Konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) & Restorasi Sungai dan Danau, Senin (14/07/2020).

Webinar itu turut melibatkan Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd dan Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, sebagai keynote speaker.

Hadir pula sejumlah pembicara yang masing-masing berasal dari UGM dan UG, yakni Assoc. Prof. Dr.-Ing Ir. Agus Maryono, Dosen DTS SV UGM; dan MC. Satriagasa,S.Si.,M.Sc.,M.Ec.Dev, Dosen Fakultas Kehutanan UGM. Kemudian Dr. Ramdhan Olii,ST.,M.Eng, Dekan Fakultas Teknik UG, serta Ernikawati,S.Hut.,M.Si, Dosen Fakultas Kehutanan UG.

Adapun media yang digunakan adalah aplikasi Zoom Cloud Meetings, dan jalanannya acara ini dipandu oleh Muathofa Kamal, Mahasiswa DTS SV UGM, sebagai moderator.

Rektor UG, Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Apalagi bicara tentang konservasi dan restorasi. Kalau kita lihat bencana yang sering terjadi misalnya saja banjir. Ini mambuktikan telah terjadi kerusakan di hulu sehingga perlu pelestarian hutan dan bantaran sungai,” kata Ibrahim.

Rektor menyampaikan penanaman pohon di bantaran sungai sangatlah penting. Oleh karena itu Ibrahim menyampaikan usul kepada audiens agar menjaga dan melestarikan hutan sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Yang paling penting, lanjut Ibrahim, jangan ada penebangan pohon di hutan. Sedangkan di bantaran sungai jangan ada lagi kegiatan masyarakat namun harus ada penanaman pohon.

“Ini merupakan rangkai dari upaya restorasi sungai dan danau. Kalau semua ini bisa kita jaga dan lestarikan, maka akan terjadi keseimbangan ekosistem,” tandasnya. (Daily08)

Baca Juga |  Berstatus Mahasiswa UG, Ketua Bawaslu Gorontalo Selesai Ikuti Ujian Tahap Akhir

Comments
To Top