Di Hadapan Menteri, Bupati Nelson Sampaikan Solusi Brilian dan Fokus Utama Penanganan Banjir | DAILYPOST.ID

Headlines

Di Hadapan Menteri, Bupati Nelson Sampaikan Solusi Brilian dan Fokus Utama Penanganan Banjir

DAILYPOST.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menghadiri rapat bersama Menteri PPN Bappenas, Menteri pertanian, Kepala BPBD, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Dirjen PDASHL Kementrian LHK, serta sejumlah kepala daerah se-Provinsi Gorontalo, Senin ( 24/08/2020)

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Djunaedi Hadissumarto, lantai I Kantor Kementrian PPN Bappenas, itu dalam rangka membahas soal penanganan banjir di Provinsi Gorontalo. Rapat itupun dibuka langsung oleh Suharso Monoarfa selaku Menteri PPN Bappenas.

Di hadapan para menteri dan sejumlah kepala daerah, termasuk Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Bupati Nelson menyampaikan solusi brilian tentang penanganan masalah banjir di Gorontalo, khususnya untuk kabupaten yang dipimpinnya hingga saat ini.

“Jadi, kita tidak hanya melihat akibatnya, tetapi penyebabnya juga! Untuk Kabupaten Gorontalo sendiri ada dua titik lokasi yang menjadi fokus kita. Pertama, Danau Limboto dan sekitarnya, yang kedua Paguyaman. Sungai Paguyaman juga banjir seperti di Bilato dan sekitarnya,” jelas Nelson.

Mengingat hal itu, Bupati Nelson menyampaikan bahwa dalam mengatasi banjir, pihaknya akan meingkatkan anggaran di sektor perkebunan.

“Hari ini, pihak-pihak membicarakan soal penanganan banjir itu tidak hanya PU ataupun Lingkungan Hidup, tetapi kami minta juga melibatkan pertanian dan perkebunan. Karena ternyata, pertananian ini juga menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan kita,” kata Nelson.

“Nah, tadi saya mengusulkan bahwa dana itu tidak hanya untuk pangan, tapi juga perkebunan. Sebab kalau perkebunan, pelestarian lingkungan akan terjadi, sehingga dampak banjir bisa kita tangani dari titik penyebabnya,” imbuhnya. (daily02)

Comments

Latest News

To Top
%d bloggers like this: