fbpx
Connect with us

Eksekutif

Pesan Sekda Ridwan Usai Lakukan Uji Fungsi Sarana Air Bersih: Pelihara dengan Baik

Published

on

DAILYPOST.ID – Sekda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin mengatakan, pemberian Hibah Insentif Desa (HID) bertujuan memperluas dan meningkatkan cakupan akses layanan air minum dan sanitasi yang layak di desa.

Jumat (30/10/2020), Panglima ASN Gorut itu melakukan uji fungsi sarana dan akses layanan air minum di Desa Kikia, Kecamatan Sumalata dan Desa Sogu, Kecamatan Monano yang dikerjakan melalui Program Pamsimas III Tahun 2020.

Ketua TAPD Gorut itu menjelaskan, selain membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih, HID ini diberikan kepada desa-desa yang berhasil dalam pengelolaan Pamsimas sebelumnya. Dimana diantaranya bisa menyelesaikan masalah dengan baik dan bisa memelihara sarana dengan baik pula.

“Ini dilihat dari keberfungsian sistem. Maka dari itu di setiap akhir tahap pengerjaannya, kita melakukan uji fungsi secara langsung di hadapan masyarakat dan pemerintah desa maupun kecamatan,” kata Ridwan.

Lebih lagi kata Ridwan, sukses dan jalanya Program Pamsimas tidak lepas dari koordinasi pemerintah, dari tingkat dusun hingga pusat serta dukungan dari seluruh masyarakat.

“Semua yang kita uji hari ini berkualitas baik, airnya bersih, jernih dan tidak berbau. Tentunya menjadi harapan kita semua, agar fasilitas ini terus terpelihara agar di tahun-tahun yang berikutnya kita dipercayakan lagi untuk pelaksanaan program Pamsimas,” harap Sekda Ridwan yang juga selaku penanggung jawab program Pamsimas III Gorut.

Selain Kecamatan Sumalata dan Monano, di hari yang sama, Sekda Millennial yang akrab dikenal dengan kegiatan Jelajah Kemanusiaannya, juga melakukan uji fungsi di Kecamatan Atinggola, tepatnya di Desa Pinontoyonga dan Desa Posono.

Di sana, Ridwan juga mengatakan bahwa setiap desa yang menerima bantuan sanitasi dan sarana air minum ini merupakan desa HID.

Baca Juga:  Pemda Boalemo Kembali Lakukan Rotasi Jabatan Administrasi dan Fungsional

“Mencermati apa yang disampaikan dari Balai Pemukiman, bahwa desa ini merupakan desa HID oleh karena itu diharapkan kerjasama dari semua pihak. Baik desa, perbankan dan kesehatan, sehingga diharapkan HID ini akan menumbuhkan partisipasi masyarakat. Kami juga atas nama pemerintah sangat mengharapkan agar sarana sanitasi ini akan terpelihara dengan baik, supaya bisa digunakan dalam jangka panjang,” pungkasnya. (daily02)

Continue Reading
Advertisement
Comments
Advertisement
Advertisement