Mulai Sekarang, Pencairan ADD di Gorut Pakai Sistem Non Tunai

Mulai Sekarang, Pencairan ADD di Gorut Pakai Sistem Non Tunai
Bupati Indra Yasin saat Menandatangani MoU Tentang Sistem Pembayaran Non Tunai ADD, foto: Ipin Humas

DAILYPOST.ID – Mulai Sekarang, Pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) di Gorontalo Utara (Gorut), memakai Sistem Non Tunai. Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara Pemda Gorut dengan Bank SulutGo, yang berlangsung di Ruang Kerja Bupati, Rabu (21/10/2020).

“Saya menandatangani MoU dengan Bank Sulutgo terkait pembayaran Non Tunai Alokasi Dana Desa. Jadi, semua dana desa semua kita salurkan melalui sistem non tunai. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat sekaligus mengefektifkan dan mengefisiensikan waktu pelayanan,” kata Indra.

Bupati mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini proses pencairan dana desa sering terkendala akibat antrian yang begitu panjang di bank.

Oleh sebab itu, sistem pembayaran non tunai ini diharapkan menjadi solusi untuk menghemat waktu dan jarak bagi setiap desa yang ada di Kabupaten Gorut.

“Tentu dengan ini,bendahara di desa lebih dipermudah. Yang biasanya berhari-hari harus bolak-balik ke bank, dan itu memakan waktu, tapi dengan non tunai, semuanya langsung ditransfer ke rekening bendahara desa masing-masing,” ujarnya.

“Bayangkan saja, jika dalam satu hari 123 desa serentak melakukan pencairan di sini (Bank SulutGo-red), tentu akan mengakibatkan antrian yang panjang,” sambungnya.

Di sisi lain lanjut Indra, sistem pembayaran non tunai juga akan lebih aman sampai ke tujuan, ketimbang harus ditarik langsung dari bank.

“Ya, ini lebih aman tentunya. Karena kita khawatirkan, ketika bendahara membawa uang yang jumlahnya begitu besar, dan tiba-tiba terjadi sesuatu di jalan ketika balik ke desa. Kami tidak ingin hal seperti itu terjadi. Nah, untuk 2021 nanti, Alokasi Dana Desa juga sudah kita agendakan seperti begitu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank SulutGo Kabupaten Gorut, Frida DH Pakaya menambahkan, pencairan ADD secara teknis sudah menggunakan Sistem Kasda Online.

“Jadi keuntungan Kasda Online ini, yaitu memudahkan desa mengecek saldo rekening, mencetak rekening koran, tidak bolak balik ke bank, serta Kasda Online Bank SulutGo dapat diakses kapan saja dimana saja, baik menggunakan laptop ataupun handphone (smartphone-red) yang terhubung ke jaringan internet,” tutup Frida/ (daily02)