Pastikan Pamsimas Berjalan Baik, Sekda Ridwan Lakukan Uji Fungsi | DAILYPOST.ID

Headlines

Pastikan Pamsimas Berjalan Baik, Sekda Ridwan Lakukan Uji Fungsi

DAILYPOST.ID – Guna memastikan program Pamsimas berjalan dengan baik dan benar-benar berfungsi secara maksimal, Sekda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin menyambangi Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur, Jumat (23/10/2020).

Kedatangan Ridwan Yasin, tidak lain untuk melakukan uji fungsi secara langsung sarana air minum dan sanitasi Hibah Insentif Desa (HID) Program Pamsimas III Tahun 2020.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Panglima ASN Gorut itu selaku penanggung jawab program pamsimas menegaskan akan mengawal program ini hingga tahap akhir pelaksanaan.

Sekda Ridwan menyampaikan, program pamsimas ini merupakan bagian dari upaya pemerintah, baik pusat, provinsi, hingga daerah untuk mewujudkan pencapaian universal akses 100-0-100 sesuai dengan RPJMN 2015-2019 dan Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030.

“Ya, untuk pencapaian universal akses 100-0-100. Yang artinya 100% akses sanitasi, 0% kekumuan, dan 100% air bersih,” jelas Ridwan.

Ia mengakui, untuk menciptakan sarana air bersih yang merata di seluruh desa, bukan pekerjaan yang mudah. Namun, dengan tekad dan kerjasama yang baik oleh seluruh pihak maka hal itu tidak mustahil untuk dilaksanakan.

“Untuk itu, kami memberikan penghargaan kepada semua pihak yang secara bersama-sama menyukseskan program Pamsimas ini. Kami akui, mendapatkan air bersih dan sejernih ini tidaklah mudah. Maka dari itu, kami berharap, program pamsimas ini bisa terus berlanjut, agar pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi,” jelas Ridwan.

Sebelumnya, di hari yang sama dan di Kecamatan yang sama, Sekda Ridwan juga melakukan pengujian secara langsung sarana air bersih, yakni di Desa Bulontio Timur.

Di sana, dirinya juga mengapresiasi pihak-pihak yang telah bahu-membahu menjalankan program pamsimas.

“Alhamdulillah setelah dilakukan uji fungsi, airnya bersih, jernih, dan tidak berbau. Ini berbanding terbalik dengan kondisi air yang ada di rumah dinas (BlokPlan). Itu yang kita rasakan sampai saat ini. Namun, meski begitu kami tentunya lebih memprioritaskan kebutuhan masyarakat,” tandasnya. (daily02)

Baca Juga |  Yudisium Semester Genap Universitas Gorontalo Digelar Secara Online

Baca Juga: Sekda Gorut Buktikan Janji Mengawal Program Pamsimas

Comments
To Top