Pemkab Gorontalo Lakukan Penanaman Perdana Tanaman Hotikultura Bersama Poktan Kelurahan Hunggaluwa | DAILYPOST.ID

Advetorial

Pemkab Gorontalo Lakukan Penanaman Perdana Tanaman Hotikultura Bersama Poktan Kelurahan Hunggaluwa

dailypost.id

DAILYPOST.ID – Pjs Bupati Gorontalo, Mitran Tuna menghadiri dan melakukan penanaman perdana tanaman holtikultura yang diinisiasi oleh Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Gorontalo bersama Kelompok Tani (Poktan) Mandiri Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto, di lokasi kebun Jln. Abas Otuhu Kelurahan Hunggaluwa, Minggu (18/10/2020).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD terkait, seperti Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Pjs Bupati dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif dari Bapera dan Kelompok Tani Mandiri karena telah melaksanakan kegiatan positif seperti ini.

“Terkait dari inisiasi Bapera, saya pikir ini inisiasi yang sangat positif,” tutur Mitran.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program pekarangan pangan lestari yang saat ini sedang digalakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Ia mengakui, dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, sektor ekonomilah yang paling terpengaruh baik yang menyangkut kehidupan masyarakat dan juga terkait dengan penurunan pendapatan negara.

“Oleh karena itu, untuk mengatasinya, salah satu solusi yang diberikan kepada masyarakat melalui program pemerintah ini adalah bagaimana masyarakat masih punya income atau masih punya pendapatan dari upaya-upaya seperti ini meski suasana pandemi covid-19,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Rahmat Pomalingo berharap kegiatan seperti ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Insha allah kegiatan ini bisa membawa manfaat bagi kita semua. Memang di musim pandemi ini kondisi pertanian kita di porak-porandakan, hampir semua sektor bisa dikatakan sejak berapa bulan lalu lumpuh, tapi alhamduillah di daerah kita, sektor pertanian hampir tidak ada pengaruhnya, karena yang pertama di pandemi ini kondisi alam kita tetap terjaga,” imbuh Kadis.

Dan untuk organisasi Bapera ini, lanjut Kadis, diharapkan bisa mendorong kelompok tani atau pemuda-pemuda di daerah untuk bagaimana bisa menggerakkan pertanian secara keseluruhan.

Baca Juga |  Pjs Bupati Gorontalo Serahkan 8 Ekor Ternak Sapi di Tabongo Timur

Sementara itu, Rahmad K. Mohamad, mewakili organisasi Bapera mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang telah mensupport kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Rahmat Mohamad menyampaikan sejumlah kekurangan yang dihadapi oleh para petani di daerah untuk bisa menjadi perhatian selanjutnya bagi pemerintah.

“Kami Bapera akan bergerak di bidang pertanian, dan insha Allah akan mengawal seluruh petani yang ada di Kabupaten Gorontalo,” pungkas Rahmat Mohamad. (Daily13)

Comments
To Top