Pemilihan Presma UG Sempat Tertunda, Aktivis Kampus : KPR Sudah Menjalankan Tugasnya Dengan Baik | DAILYPOST.ID

Headlines

Pemilihan Presma UG Sempat Tertunda, Aktivis Kampus : KPR Sudah Menjalankan Tugasnya Dengan Baik

DAILYPOST.ID – Pemilihan presiden dan wakil presiden BEM merupakan ajang demokrasi tertinggi di Kampus Universitas Gorontalo yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilu Raya UG.

Komisi Pemilu Raya atau disingkat KPR sempat fakum dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda Provinsi Gorontalo sehingga mengakibatkan terhentinya kegiatan dalam bentuk apapun di dalam kampus.

Fitra Rahman, seorang aktifis muda dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UG mengatakan, aktivitas KPR mulai kembali dijalankan usai PSBB di Provinsi Gorontalo.

“Dan itu inisiatif dari ketua KPR UG mengingat sudah lama fakumnya KPR semenjak terpilih pada kongres BEM UG tahun 2019 lalu,” Ujarnya.

Ia menjelaskan, semenjak dibuat tahapan dari pendaftaran calon sampai dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden memang terus mengalami penundaan waktu, dikarenakan pendaftaran dibuka hanya dalam waktu 3 hari tetapi pada faktanya selesai sampai 3 minggu, dikarenakan tidak adanya pasangan calon yang mendaftar.

“Begitu juga di tahapan-tahapan selanjutnya KPR selalu memberikan toleransi kepada masing-masing pasangan calon,” Tutur Fitra.

Dia pun mengatakan bahwa skejul yang dibuat oleh KPR itu sifatnya kondisional, bukan konsisten.

“Sebab kalo semisalkan KPR inkonsisten saya yakin dan percaya presiden dan wakil presiden tidak akan lahir dari KPR pada tahun ini, sebab bayangkan saja pendaftaran yg ditetapkan KPR hanya selama 3 hari tapi tidak ada pasangan calon yang mendaftar, dan tahapan tersebut dibuka sampai dengan 3 minggu,” imbuhnya.

Fitra berharap, jika mau mengkriktik KPR, alangkah baiknya kritikan tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi, karena menurutnya KPR hari ini sudah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Tanpa inisiatif dari KPR untuk menjalankan demokrasi saya sendiri tidak bisa membayangkan akan jadi seperti apa BEM UG kedepannya,” Pungkasnya. (Daily18/Firda)

Baca Juga |  Sukseskan Program Merdeka Belajar, UG dan UNG Teken MoU
Comments
To Top