Sekda Ridwan: Kokohkan Ketahanan Ekonomi Daerah tidak Terlepas dari Peran Pelaku Usaha Kecil | DAILYPOST.ID

Eksekutif

Sekda Ridwan: Kokohkan Ketahanan Ekonomi Daerah tidak Terlepas dari Peran Pelaku Usaha Kecil

DAILYPOST.ID – Ketahanan pangan dan ekonomi tidak lepas dari peran pelaku usaha, antara lain Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM).

Hal itu dikemukakan Sekda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin ketika membuka kegiatan Dialog Sarasehan tentang Ketahanan Ekonomi Daerah, di Tik Tok Cafe, Kwandang, Kamis (26/11/2020).

“Untuk mengokohkan ketahanan pangan dan ekonomi tentu tidak lepas dari pelaku usaha, antara lain adalah UMKM. Kalau pelaku usaha sukses, kebutuhan masyarakat terpenuhi, pasti ekonominya bagus! Berarti tangguh. Jadi, dilihat saja ketika perputaran ekonomi suatu daerah lemah, berarti para pelaku usahanya belum terbilang baik. Itulah yang kami kutip dari para ahli ekonomi. Mudah-mudahan itu tidak keliru,” kata Ridwan di hadapan para ahli UMKM sekaligus memotivasi para pelaku usaha kecil.

Sekda Millennial itu mengatakan, dalam menguatkan sisi ekonomi masyarakat membutuhkan komitmen bersama.

“Tentu ini memerlukan komitmen bersama, komitmen para pengambil kebijakan,” kata Ridwan.

Mengulas kembali soal UMKM, di tahun sebelumnya, Ketua TAPD Gorut ini pernah memperjuangkan hingga 2000 perizinan bagi pelaku UMKM di Gorut.

“Saya sudah bilang, oke! Saya anggarkan 2000, namun sampai sekarang rata-rata yang dicapai oleh OPD itu baru ratusan. Sehingga, hari ini sekaligus mengingatkan kita semua soal komitmen bersama para pengambil keputusan. Tidak bisa sendiri-sendiri,” tegas Panglima ASN Gorut ini.

Terlepas dari itu, Ridwan mengatakan bahwa pemerintah daerah tetap memerlukan masukan-masukan dari para ahli di bidang pelaku usaha melalui dialog Sarasehan tersebut.

Berbicara mengenai Sarasehan sambung Ridwan, tentunya soal dengar pendapat dari para ahli di bidang UMKM dan hal ini melibatkan bagian hukum di Sekretariat Daerah (Setda Gorut).

“Jika ada yang perlu ditindaklanjuti, maka hari ini saya undang kabag hukum, dan segera kita lakukan,” kata Ridwan yang dikenal dengan ‘Sang Eksekutor’ itu.

Baca Juga |  KKP-UG Tetap Dilaksanakan, Ketua Satpel : Pembekalan & Pelepasan Sistem Daring

Di akhir kesempatan tersebut, Ridwan mengharapkan agar pihaknya diberikan informasi lebih mengenai perkembangan UMKM di Gorut demi peningkatan dan penguatan ekonomi di daerah.

“Maka dari itu, saya hampir setiap hari turun langsung ke lapangan. Prinsip saya jemput bola, bahkan kalau perlu hari liburpun kami turun demi pemenuhan kebutuhan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat terpenuhi, pelaku UMKM juga diperhatikan, maka saya yakin Ekonomi Gorut akan berkembang. Nah, menghadapi perkembangan tersebut, kita membutuhkan SDM yang baik pula, sehingga semuanya saling berkaitan. Jadi, kita sama-sama membangun komitmen, kita juga sama-sama mendukung sukses dan jalannya komitmen itu,” tandasnya. (daily02)

Comments
To Top