Dinas PUBM Lakukan Pembersihan Saluran Drainase di Pakis-Jabung

  • Share

DAILYPOST.ID, Kabupaten Malang – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, lakukan pembersihan saluran drainase, di ruas jalan Wirotaman – Jogomulyan dan Pakis – Kemiri, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jumat (23/7/2021).  Hal ini, guna menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal, serta mengendalikan erosi tanah, kerusakan jalan dan bangunan yang ada.

Pembersihan saluran drainase oleh Dinas PU Bina Marga, juga dilakukan di ruas jalan Provinsi, tepatnya di Jalan Panglima Sudirman.

Sekretaris Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Suwiknyo, menyampaikan, maksud dilaksanakan pembersihan saluran drainase tersebut yaitu untuk memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya kondisi drainase yang sempurna. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyumbatan aliran air yang dapat berakibat terjadinya banjir saat musim hujan.

Sedangkan tujuan dilaksanakan program ini, jelasnya, untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya pemeliharaan saluran drainase, guna memperlancar aliran saluran air pada drainase. Selain itu, untuk mengatasi penyumbatan akibat sampah dan tanaman liar yang tumbuh di dalam saluran dan endapan sedimen.

“Adapun sasaran program Dinas PU Bina Marga, adalah drainase yang tersumbat,” jelas dia, Senin (26/7/2021).

Saat melakukan pembersihan, lanjut Wiknyo, para petugas menggunakan media cangkul, sapu dan pengait.

“Mereka kemudian mengait sampah-sampah dan rumput yang ada di dalam drainase dengan menggunakan pengait. Setelah itu, dilakukan pembersihan dengan menyapu bersih sampah-sampah yang ada di sekitar drainase,” ujarnya.

Pembersihan rutin drainase, kata Wiknyo, sangat diperlukan, agar kapasitas saluran drainase tetap normal atau tidak berkurang. Sehingga, fungsi drainase tetap optimal, terutama saat musim hujan.

“Selain pembersihan drainase, ada beberapa upaya lain yang dilakukan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, untuk pencegahan banjir. Diantaranya, rehab atau peningkatan drainase yang rusak dan pembangunan drainase,” tutur Wiknyo.

Menurutnya, melakukan pencegahan banjir dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk ikut membersihkan saluran di lingkungan sekitar maupun di lingkungan rumah masing-masing.

Oleh karena itu, ia berharap warga bisa memahami akan bahaya penyumbatan saluran drainase melalui hasil pembersihan yang dicapai Dinas PU Bina Marga. (Daily27/Wati)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close