Presiden Joko Widodo Minta ASN Berorientasi Pelayanan, Bukan Bergaya Kolonial

  • Share
Presiden Joko Widodo

DAILYPSOT.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta  aparatur sipil negara (ASN) berorientasi pelayanan kepada masyarakat, dan jangan lagi ingin dilayani  bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu.

“Bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu tidak boleh lagi. Bukan zamannya lagi,” kata Presiden sewaktu memberi arahan kepada ASN dalam acara peluncuran Core Velue dan Employer Branding ASN secara virtual, Selasa (27/7/2021) d Jakarta.

Presiden menekankan bahwa ASN mesti berjiwa melayani dan membantu masyarakat. Oleh sebab itu, ASN dilengkapi sumber daya dan kewenangan yang diberikan oleh negara.

Mereka, kata Prsiden, harus menggunakan otoritas dan sumber daya tadi secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara.

Jokowi mengingatkan, menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis di tengah dunia yang penuh distrupsi adalah keharusan.

Sekarang ini, kata Presiden, meningkatkan kapasitas dan kompetensi maupun kemampuan beradaptasi dengan perubahan mutlak bagi ASN.

Oleh karena itu, Presiden menilai kerja sama lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, dan lintas profesi menjadi sangat penting.

Semua masalah, tambah Presiden, harus selalu dilakukan dengan lintas sektor dan lintas disiplin.

“Dunia menjadi serba hybrid. Serba kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah, dan ego ilmu,” kata Presiden. *

 

 

 

  • Share

Dailypost Indonesia

Close