26 WNI Berhasil Dievakuasi dari Afghanistan, 5 Warga Filipina Turut Dibantu

  • Share
Detik detik evakuasi wni dari afghanistan
foto: istimewa

DAILYPOST.ID, Network – Sebanyak 26 Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari Afghanistan. Mereka tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (21/8/2021) dini hari. Ke 26 WNI tersebut, tiba dengan menggunakan pesawat TNI-AU sekitar pukul 03.20 WIB.

Dilansir dari suara.com, sebelum turun dari pesawat, para WNI diperiksa oleh petugas yang mengenakan APD lengkap. 26 WNI inipun disambut oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Retno menuturkan, para WNI tersebut dalam kondisi sehat. Namun, ada satu orang perlu mendapatkan perawatan karena dalam kondisi kurang fit.

“Alhamdulillah pesawat TNI angkatan udara sudah tiba kembali di Bandara Halim Perdanakusuma pada pagi hari ini 21 Agustus 2021. Seluruh warga negara Indonesia berjumlah 26 orang yang kita evakuasi semua dalam kondisi baik. Satu catatan, satu diplomat dalam kondisi kurang sehat non covid dan akan segera dilakukan perawatan,” ujar Retno dalam jumpa pers, Sabtu (21/8/2021) dini hari.

Ia menambahkan, selain WNI, terdapat 5 Warga Negara Filipina yang turut dibantu dalam evakuasi dari Afghanistan.

Hal tersebut kata dia, lantaran permintaan bantuan dari Pemerintah Filipina kepada Indonesia.

“Dalam misi evakuasi ini ikut juga 5 warga negara Filipina yang memang pemerintahnya meminta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia,” ucap dia.

Retno menyebut bantuan membawa warga asing kata Retno bukan kali pertama dilakukan Indonesia. Melainkan merupakan kewajiban kemanusian dalam misi evakuasi.

“Bantuan membawa warga negara asing dalam misi evakuasi bukan pertama dilakukan ini merupakan kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan,” tutur dia.

Tak hanya itu kata Retno, pemerintah Indonesia juga mengevakuasi 2 warga negara Afghanistan.

“Selain itu terdapat 2 warga negara Afganistan 1 orang adalah suami dari salah satu warga negara Indonesia dan satu lagi adalah lokal staff perempuan yang bekerja di KBRI,” ucap Retno.

Lebih lanjut Retno mengatakan 33 orang yang terdiri dari 26 WNI, 5 warga Filipina dan 2 warga Afghanistan yang berhasil dievakuasi dan tim evakuasi akan menjalani protokol kesehatan sesuai dengan aturan protokol kesehatan di Indonesia.

“Semua evacuee dan seluruh anggota tim evakuasi akan langsung menjalani protokol kesehatan sesuai aturan ketibaan dari luar negeri,” katanya.

Sumber: Suara.com

  • Share

Dailypost Indonesia

Close