Belajar Daring di Masa Pandemi, Disdik Wajib Perhatikan Kondisi Ekonomi Siswa

  • Share
Belajar Daring di Masa Pandemi, Disdik Wajib Perhatikan Kondisi Ekonomi Siswa

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Kualitas pendidikan terus diperhatikan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara. Di masa pandemi, belajar daring (dalam jaringan) menjadi salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut.

Namun, kondisi ekonomi keluarga dari para siswa harus diperhatikan oleh instansi terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik).

Seperti yang diutarakan Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat berkunjung ke dinas tersebut, Jum’at (20/08/2021).

Thariq mengatakan, Disdik wajib melakukan skenario ataupun rancangan mengenai pembelajaran daring. Misalnya dengan melakukan pendataan.

“Jadi harus diketahui berapa siswa yang punya laptop atau HP, berapa yang hanya meminjam, atau siapa yang tidak mampu membeli paket data dan lain sebagainya,” kata Thariq.

Pendataan tersebut kata dia, perlu dilakukan agar Disdik dapat memulai perencanaan anggaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Dalam melakukan pendataan itu, Disdik diminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Sosial sebagai instansi yang memiliki data mengenai kondisi ekonomi masyarakat Gorontalo Utara.

“Agar diketahui bahwa siswa ini benar-benar membutuhkan bantuan dalam rangka sistim pembelajaran dalam jaringan,” ujar wabup.

Terlepas dari itu, ia mengapresiasi Disdik Gorontalo Utara yang telah mengemas peraturan bupati tentang pembelajaran daring menjadi satu buku pedoman. Hal ini tentunya sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam memerangi penyebaran virus corona di Indonesia. (Daily25/Ulfa)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close