Kabupaten Gorontalo Jalin Kerja Sama dengan Alfamart dan Indomaret Tampung UMKM

  • Share

DAILYPOST.ID, Kabupaten Gorontalo – Pemerintah Kabupaten Gorontalo (Provinsi Gorontalo) membuat perjanjian kerja sama dengan manajemen ritel Alfamart dan Indomaret, untuk menampung hasil usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat.

Menurut Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, usai menandatangani kerja sama dengan pimpinan perusahaan Alfamart/Indomaret, kehadiran perusahaan ritel ini agar bisa membangkitkan perekonomian daerah, tanpa harus menggerus UMKM.

Bupati menjelaskan, UMKM mempunyai kontribusi  sangat besar dalam perekonomian nasional dengan jumlah pelakunya 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

Daya serap tenaga kerja UMKM, ujar Bupati, adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB), tambah Bupati, sebesar 61,1% Dan, di Gorontalo sendiri sesuai dengan data BPUM 2021 ada 46 ribu pelaku UMKM.

Melalui Plt. Kadis Koperasi dan UMKM Zulkifli Lasalewo, Bupati Gorontalo memerintahkan menghimpun pelaku UMKM agar prouduk mereka didaftarkan.

Juga agar segera dibuat pelatihan pelaku yang punya produk, dengan melibatkan Alfamart dan Indomaret sebagai narasumbernya.

Pimpinan Alfamart dan Indomaret mengatakan bahwa Kabupaten Gorontalo menjadi proyek percontohan. *

 

 

 

 

 

  • Share

Dailypost Indonesia

Close