Pelaksanaan Musrembang, Pimpinan OPD Diminta Tak Kirim Staff Dan PTT

  • Share

DAILYPOST.ID,Gorut- Anggota Komisi 2 DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail meminta kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tidak mengirim staff ataupun PTT dalam setiap pelaksanaan Musrebang yang rutin digelar di tiap tahunnya diseluruh Kecamatan.

Gustam saat diwawancarai mengatakan, sering kali terjadi ditingkat Musrenbang, yang dikirim untuk hadir pada pelaksanaan musrembang hanya staf biasa dan PTT, sehingga usulannya tidak valid dan munculah program-program yang bermasalah.

“Bahkan ada kegiatan yang menurut Pak Kadis tadi, itu untuk lewat saja lahan penduduk itu tidak diberi ijin dan ini berakibat pada keterlambatan kerja” ungkap Gustam Ismail, Kamis (5/8/2021).

Gustam juga meminta kepada OPD Teknis untuk tidak menganggarkan kegiatan yang sifatnya belum jelas dalam setiap perencanaan program, agar kemudian kejadian dilapangan yang bisa menghambat pekerjaan tidak terjadi lagi.

“Kita mendorong kedepan PU ini sebagai pelaksana Anggaran yang begitu besar, bisa melihat skala prioritas untuk dimasukkan diskala perencanaan pembangunan di 2022,” ujar Gustam.

Evaluasi itu dilakukan untuk mengawali pembahasan KUA-PPAS bersama OPD Mitra Komisi II, dimana Dinas PU yang paling pertama dibahas. Gustam mengatakan, hasil evaluasi terhadap kegiatan di tahun 2021, berdasarkan penyampaian Kepala Dinas, proses kegiatan untuk tender sudah 100 persen dilaksanakan. Untuk realisasi fisik kata Gustam, sudah 47 Persen, sementara realisasi keuangan sudah 34 persen.

“Jadi memang realisasi fisik ini lebih besar presentasinya dari pada realisasi keuangan, ini menunjukkan kinerja opd sudah bagus. Kita juga tekankan karena ini mengingat waktu yang sudah terbatas maka ini dipacu, baik realisasi fisik maupun realisasi keuangannya,” pungkas Gustam.(Adv/Daily03/ikii)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close