Puluhan Ribu Botol Minuman Beralkohol Ilegal Dimusnahkan Bea dan Cukai Gorontalo

  • Share
Pemusnahan Puluhan Ribu Botol Minuman Beralkohol Oleh Bea dan Cukai Gorontalo. (foto: Istimewa)

DAILYPOST.ID, Gorntalo – Puluhan ribu botol minuman keras beralkohol ilegal hasil penindakan Bea dan Cukai wilayah Provinsi Gorontalo periode 2018/2019, Senin (2/8/2021) dimusnahkan.

Menurut kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan bead an Cukai Tipe Madya Pabean C Gorontalo, Dede Hendra Jaya, minuman keras yang dimusnahkan itu berupa 37.530 botol mengandung etil alkohol, 3.000 barang hasil tembakau/rokok, dan 30 botol hasil pengolahan tembakau Lainnya (liquid vape).

Menurut Dede Hendra Jaya, pemusnahan barang hasil penindakan tersebut telah mendapat persetujuan sesuai surat Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi atas nama Menteri Keuangan Nomor: S-110/MK.6/KN.5/2020.

Sehubungan masa pandemi Covid-19 dan mengingat jumlah barang yang akan dimusnahkan cukup banyak, tambah Dede, pemusnahan dilaksanakan secara simultan dan hybrid di dua tempat, antara lain di area belakang Kantor Bea dan Cukai Gorontalo dengan undangan yang terbatas, sesuai protokol kesehatan yang berlaku dan tempat pembuangan akhir Talumelito di bawah pengawasan pejabat/pegawai Bea dan Cukai Gorontalo.

“Salah satu tugas kami adalah melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang illegal minuman Mengandung etil alkohol,” katanya.

Nilai barang itu, ujarnya, ditaksir Rp1.018.403.240 (satu miliar delapan belas juta empat ratus tiga ribu dua ratus empat puluh rupiah).

Potensi kerugian negara katanya, Rp769.858.880 ( tujuh ratus enam puluh sembilan juta, delapan ratus lima puluh delapan ribu, delapan ratus delapan puluh rupiah). *

 

  • Share

Dailypost Indonesia

Close