Vaksinasi ditempat Umum, Hamzah – Siswanto : Seharusnya Ada Sosialisasi Terlebih Dulu

  • Share

 

DAILYPOST.ID, Gorut – Wakil Ketua DPRD Gorut, Hamzah Sidik bersama Anggota Komisi 1 DPRD Gorut, Siswanto Biki meminta agar pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan ditempat umum, seperti yang dilakukan oleh petugas di pasar Ombulodata dan Pasar Kwandang, alangkah baiknya dilaksanakan sosialisasi terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan vaksinasi agar tidak mendapatkan respon negatif dari masyarakat.

“Apa yang dilakukan warga itu tidak salah, dan apa yang dilakukan oleh petugas juga tidak keliru. Ini hanya Miss komunikasi saja, harusnya kegiatan vaksinasi ini disosialisasikan terlebih dahulu, sehingga juga masyarakat bisa mendengarkan,Ibarat kata seperti kalau terjadi pemadaman lampu, kan ada pemberitahuan dulu dari pihak PLN,” kata Hamzah Sidik saat diwawancarai diruang kerjanya bersama Siswanto Biki, Senin (30/8/2021).

Perlu adanya sosialisasi terlebih dahulu lanjut Hamzah, agar warga masyarakat bisa menerima dengan baik niat dari Pemerintah Daerah untuk mendorong terciptanya jumlah vaksinasi yang tinggi di Gorut untuk menciptakan herad imuniti yang dibarengi dengan cara yang bijak.
“Kalau caranya dengan tiba-tiba begitu, ya pasti kaget. Belum lagi kita tau di publik, kita tidak bisa menutup mata hoax tentang vaksin itu sudah meraja lela. Kalau divaksin akan lumpuh, kalau divaksin akan mati atau kejang-kejang. Ini kan yang harus kita tangkal, saya kalau memang berita itu benar, saya dengan bung Andi biki sudah lumpuh, apalagi kami sudah divaksin sinovac,” terang Hamzah.

Hamzah juga menjelaskan, kalaupun ada kasus yang terjadi, menurutnya itu merupakan kasuistik yang mungkin dikarenakan yang terkena efek ada penyakit bawaan.

“Saya, istri saya, ajudan sudah divaksin, dan Alhamdulillah sampai hari ini kami semua sehat,” ujar Hamzah.

Ketua DPD II Partai Golkar Gorut ini juga menyayangkan, ada cara-cara yang dilakukan yang bisa menimbulkan reaksi di masyarakat, karena menurutnya hal tersebut bisa membebani dan bahkan bisa merugikan masyarakat.

“Kita ingin agar tidak ada yang resah, tidak ada yang gelisah, bahkan jangan sampai ada yang rugi. Karena dalam konteks Covid-19 ini kita juga harus berfikir dengan bagaimana bicara soal ekonomi, karena pemerintah pusat itu ada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), untuk bagaimana agar masyarakat yang terdampak bisa terbantu. Kalau kasus yang terjadi di pasar Ombulodata saya kira itu kan belum ada sosialisasi, kalau tiba-tiba dengan kegiatan itu kemudian merugikan masyarakat , berarti kita gak mendorong pemulihan ekonomi,” papar Hamzah.

DPRD sendiri lanjut Hamzah tentunya mengharapkan adanya cara-cara yang sifatnya persuasif, dan harus juga dibarengi dengan sosialisasi yang memadai agar respon masyarakat tidak kaget dengan adanya kegiatan vaksinasi.
“Jadi sebenarnya masyarakat tidak menolak, ini mungkin masyarakat kaget saja. Kebiasaannya kemarin kan bisa langsung masuk ke pasar, dan sekarang tiba-tiba untuk masuk ke pasar harus bisa menunjukkan kartu vaksin, ini kan yang membuat masyarakat bereaksi,” lanjut Hamzah.

Hamzah Sidik bersama Siswanto Biki juga berharap, agar seluruh instrumen stackholder untuk dapat mensosialisasikan tentang pentingnya vaksinasi ini untuk menciptakan heard imunity.

” insya Allah dengan vaksinasi, kekebalan tubuh kita sudah tercipta, sehingga daya tahan tubuh kita tidak rentan terhadap virus. Kita tetap akan kena virus, artinya tidak ada garansi orang yang sudah di vaksin itu tidak kena virus, pasti kena virus. Hanya saja orang yang tidak di vaksin dengan orang yang divaksin ketika kena virus maka akan beda Tritmennya,” tukas Hamzah.

Kepada para petugas kami harapkan agar dapat melaksanakan sosialisasi dengan cara-cara yang humanis, kemudian perlu ada sosialisasi kepada masyarakat juga perlu untuk dilakukan secara intens . Oleh karena itu kepada petugas kami harapkan dengan cara-cara persuasif cara yang sangat humanis, kemudian perlu ada sosialisasi kepada masyarakat juga kita himbau.

” Sehingga dua-dua ini bisa berjalan dengan bagus, ekonomi jalan, kesehatan juga jalan. Indonesia insya Allah bangkit dari pada pandemi ini dan juga Bisa melawan pandemi covid,” tutup Hamzah. (Adv/Daily03/ikii)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close