Bupati Gorontalo: Pembangunan Daerah Butuh Kolaborasi

  • Share

DAILYPOST.ID, Gorontalo – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjadi narasumber Kuliah Umum Universitas Bina Mandiri Gorontalo (UBMG).

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kampus 2 UBMG, Senin (13/9/2021) itu, mengusung tema “Berkualitas Manusianya, Bermartabat Bangsanya”.

Nelson Pomalingo, sebagai bupati berlatar belakang akademisi memaparkan materi berjudul “Human Capital dan Percepatan Pembangunan Daerah”.

Melalui materinya, bupati dua periode ini mengungkapkan, bahwa pembangunan daerah membutuhkan kontribusi dari perguruan tinggi.

“(Pemerintah) Daerah tidak bisa bekerja sendiri. Kita ingin ada kontribusi, didukung oleh seluruh perguruan tinggi,” kata Nelson.

Di kesempatan itu, Nelson mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) di Gorontalo tidak bisa dilihat dari sisi pendidikan dan kesehatan saja. Melainkan dari transformasi birokrasi.

“Karena birokrasi menjadi motor penggerak pembangunan. Oleh karena itulah, kami meminta dari Universitas Bina Mandiri Gorontalo, untuk bisa berkolaborasi,” ujarnya.

“Tugas perguruan tinggi itu kan ada 3. Pertama dari SDM, kemudian ada Riset dan ketiga adalah pengabdian masyarakat,” sambung Nelson.

Ketiga tugas tersebut kata Nelson, perlu dituntaskan melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah.

“Misalnya pengabdian masyarakat. Nah, tadi sudah kita diskusikan mengenai ruang-ruang mana yang akan kita kolaborasikan. Tahun depan kan tinggal 3 bulan, sehingga anggarannya akan kita siapkan,” tandasnya. (daily01)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close