Bupati Malang Sampaikan Rancangan Perubahan APBD TA 2021

  • Share

DAILYPOST.ID, Kabupaten Malang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang menggelar rapat paripurna, Kamis (9/9/2021) dalam rangka penyampaian rancangan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2021, oleh Bupati Malang, H.M Sanusi.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa, APBD Kabupaten Malang Tahun 2021 telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2020 tentang APBD Tahun Anggaran 2021. Namun seiring perjalanan waktu dalam pelaksanaannya, ada beberapa hal yang mendasari perubahan kebijakan pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Malang.

Antara lain: adanya perbedaan asumsi dengan KUA yang ditetapkan sebelumnya, akibat pandemi Covid-19 yang masih berlanjut hingga saat ini. Sehingga memberikan dampak yang cukup besar pada aspek kesehatan, sosial, ekonomi dan juga berpengaruh signifikan terhadap keterbatasan kapasitas fiskal daerah.

Menurut Sanusi, APBD merupakan salah satu tumpuan utama dalam memberikan pendanaan pada upaya menangani pandemi sambil menopang pemulihan ekonomi. Tanpa kerja keras, fleksibilitas, dan respon APBD, biaya penanganan pandemi tak akan tertutupi dan perekonomian tidak dapat tumbuh sesuai target yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, melakukan berbagai upaya dengan sebaik mungkin, termasuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan terus melakukan perbaikan kinerja penyerapan anggaran. Sebab, APBD harus dapat memberikan manfaat yang optimal dan berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Krisis pandemi Covid-19 saat ini, kata Sanusi, membuat Pemkab Malang juga terus belajar, bahwa aksi nyata dan sinergi antar Perangkat Daerah (PD) maupun antar instansi perlu terus dibangun karena situasi yang dihadapi saat ini tidak mudah.

Namun ia percaya, bahwa dengan melakukan penanganan kesehatan yang efektif, akan berpengaruh positif pada pemulihan ekonomi di daerah. Misalnya dalam pelaksanaan vaksinasi, Pemkab Malang berupaya keras melaksanakan kebijakan yang inovatif dan sinergis untuk terus melakukan akselerasi untuk mencapai target herd immunity pada waktu yang sudah ditetapkan.

Formulasi pada postur perubahan APBD oleh Pemkab Malang kali ini, tetap mengedepankan tata kelola yang baik dan menjaga pengelolaan fiskal yang pruden dengan melakukan langkah-langkah terukur dan akuntabel. Proses komunikasi, konsultasi dan koordinasi dengan DPRD, serta pemangku kepentingan lainnya, telah dilakukan secara baik dan terbuka.

APBD Tahun Anggaran 2021 telah bekerja keras memberi dukungan terhadap pengendalian pandemi, memberi bantalan bagi perekonomian, serta mendorong terjadinya pemulihan ekonomi. Secara umum, implementasi berbagai program dalam klaster-klaster program Pemulihan Ekonomi Daerah sudah memberikan hasil yang positif. Meskipun tidak dapat dipungkiri, masih diperlukan evaluasi dan pembenahan demi pelaksanaan yang lebih baik ke depan.

“Semoga tahun 2021 ini mampu memberikan pondasi yang baik dalam hal penanganan Covid-19 dan dampaknya, sehingga akan memberikan optimisme dalam menghadapi tahun 2022, meskipun di saat yang sama kita harus tetap menjaga kewaspadaan karena pandemi ini masih berlangsung”, demikian harap Bupati Malang. (Daily27/wati/adv)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close