Pemkab Gorontalo Utara Seleksi Subyek dan Obyek Restribusi Tanah Tahap II

  • Share

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Pelaksanaan kegiatan sidang Panitia Pertimbangan Landerfrom (PPL) dalam rangka menyeleksi subyek dan obyek retribusi tanah tahap ke-II di Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2021, dilaksanakan di ruang tinepo kantor bupati Gorontalo Utara, Senin (06/09/2021).

Sidang ini dihadiri oleh wakil bupati Gorontalo Utara, Kepala Dinas pertanian, perwakilan dari Polres Gorontalo Utara dan pihak terkait lainnya, serta Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai penanggung jawab kegiatan.

Kegiatan kali ini kata wakil bupati, dalam rangka pengecekan terhadap 83 bidang tanah yang ada di 7 desa yang sudah keluar SK kementerian untuk pelepasan, sehingga sudah bisa lanjut pada proses persertifikatan.

Ini adalah bagian dari program redistribusi tanah oleh BPN.

“Karena itu, kami memberikan apresiasi kepada BPN yang sudah bekerja maksimal, karena ini sangat penting bagi masyarakat kami. Apalagi lahan-lahan yang sudah dilepaskan ini adalah lahan-lahan yang sedang dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata wabup.

Oleh karena itu wabup Thariq berharap, data-data yang sudah dikeluarkan oleh kementerian kehutanan terkait 83 bidang tanah yang tidak sempat diukur karena alasan teknis, akan ditindak lanjuti kembali bersama Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) lewat rapat berikutnya.

Menurut Thariq, hal ini penting, karena masyarakat memanfaatkan lahan tersebut untuk kebutuhan hidup mereka, sementara belum bisa dilepaskan kepemilikannya kepada masyarakat.

Terkait target persertifikatan, kata wabup, karena ini merupakan ranah kementerian kehutanan, maka pemerintah daerah hanya berupaya mengkoordinasikan hal ini dengan instansi terkait, termasuk pemberian informasi kepada masyarakat, agar masyarakat tahu alasan bahwa tidak semua usulan pelepasan bisa diterima. (Daily25/Ulfa)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close