Polemik Tanah Eks Pengangongan Desa Kertamulya di Pertanyakan Ketua DPC LSM Penjara Kabupaten Indramayu

  • Share

Dailypost.id, Indramayu – Ketua Dpc Lsm Penjara kabupaten indramayu Lembaga swadaya masyarakat Pemantau Kinerja Aparatur Negara, Winata, Mengkritisi terkait persoalan Sengketa Tanah eks Pengangonan yang ada didesa Kertamulya Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu.

 

PJ Kepala Desa Kertamulya, H. Rasim menjelaskan bahwa lelang tanah eks Pengangongan itu belum dilakukan, tetapi telah dimenangkan oleh sodara Tarma yang saat ini menjabat sebagai Perangkat Desa Kertamulya, (01/09/2021).

 

“klo sudah tau ya udah, emang iya, temuin saja sodara Tarmanya, Sementara gak ada lelang, belum di adakan lelang, konon keterangan PLH, BPD bahwa lelang sudah dilaksanakan tapi gak jadi namun dikondisikan teman-temen, bahwa pemenangnya adalah Tarma (Raksa Bumi),” terang PJ Kades.

 

Sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor : 12 TAHUN 2017 Tentang Pengelolaan Tanah Rawa Dan Tanah EKS Pangangonan, Lembaga Swadaya Masyarakat “LSM Penjara” yang patuh sesuai AD/ADRT mempertanyakan perihal Polemiktanah eks pengangonan terhadap Kepala Desa Kertamulya terkait kepatuhan aturan Lelang Tanah Eks Pengangongan.

 

“Pada intinya Bedasarkan dari PLH, BPD dan kita bahwa pemenang lelang adalah Tarma (Raksa Bumi),” tambah PJ.

 

Hasil wawancara tim jurnalis media Dailypost.id kepada PJ Kepala Desa Kertamulya, H. Rasim menyampaikan beberapa jawaban “katanya keterangan sebelumnya juga, lelang sudah dilaksanakan dan dimenangkan oleh Tarma Raksa bumi dari almarhum, Tapi sekarang yang menggarap msh H. Casmin, untuk Tarma (Raksa bumi) tahun depan,” terang PJ.

 

“Teknis lelang Kalo lelang dulu iya waktu di BPD ada dari kabupaten terutama unsur ordes hadir Koramil Danramil Kapolres diundang sekarang mah engga mas, klo menurut aturan emang betul seperti itu , tapi pada kenyataannya lelang dilapangan, setelah hak lelang itu diberikan kepada pejabat difinitif tidak seperti dulu lagi, aturan tidak salah tapi pelaksanaan sekarang tidak seperti dulu, dulu mah kalo lelang rame, coba tanya-tanya tentang lelang di daerah bongas, Kita belum melakukan lelang tapi pemenangnya adalah tarma tapi pak camat sendiri konon katanya belum mengeluarkan SIM (Surat Ijin Menggarap),” tambahnya.

 

LSM Penjara Kabupaten Indramayu dengan tegas menyampaikan Peraturan Daerah kabupaten Indramayu Nomer 12 Tahun 2017 Tentang pengelolah tanah Rawa dan Tanah Eks Pangonan, Harus dilakukan dengan Benar dan akan menindak lanjuti perkara ini kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

 

“Apabilah H. Rasim selaku PJ Kepdes Kertamulya tidak mengindahkan Peraturan perda tersebut, maka akan kami kawal Sampai ke SKPD,” terang Winata. (Daily28/Bagas/Carikin)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close