Sosialisasikan ‘Dukcapil Go Digital’, Pemkab Gorontalo Ajak Masyarakat Beradaptasi dengan Perkembangan Zaman

  • Share
Sekda Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb, saat memberikan sosialisasi 'Dukcapil Go Digital'. Foto : IKP/Kominfo

DAILYPOST, Limboto – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb mengajak masyarakat agar bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Hal itu diungkapkan Sekda Hadijah dalam kegiatan Sosialisasi Dukcapil Go Digital, yang dilaksanakan di RM Saung Telaga, Senin (27/9/2021).

Menurutnya, kemajuan dunia pada teknologi digital dalam kehidupan memang tidak bisa dihindari.

“Mau tidak mau kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Digitalisasi, imbau Sekda, jangan hanya dijadikan untuk update saja, namun harus bisa bermanfaat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Karena di zaman modern yang serba cepat dan praktis, masyarakat ingin dimudahkan dalam segala urusannya. Mereka tidak mau ribet mengurus sesuatu. Pelayanan yang cepat, mudah dan transparan seperti itu,” kata Hadijah.

Sama pentingnya dengan administrasi kependudukan seperti KTP-el, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Perkawinan, dan lain sebagainya.

Dimana DispendukCapil Go Digital merupakan upaya Pemerintah dalam memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan dalam bidang adminduk.

“Telah kita ketahui bahwa Indonesia sadar adminduk atau Gisa yang dicanangkan Menteri Dalam Negeri Tahun 2018, saat ini dapat kita rasakan manfaatnya dalam berbagai hal. Di awal Tahun 2019, Menteri Dalam Negeri juga telah meluncurkan program yaitu Dukcapil Go Digital. Program ini diluncurkan untuk memberikan layanan yang cepat, mudah dan aman bagi masyarakat,” jelas Sekda lagi.

Tak hanya itu, Dukcapil juga untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan menggunakan inovasi yang berbasis TI. Sehingga Seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk menertibkan dokumen kependudukan warganya.

Untuk diketahui, kegiatan itu dilanjutkan dengan Penandatanganan Program PKS SAKIA, AHLAK dan ADD Se-Kecamatan Telaga Biru, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo Tahun 2021. (**)

  • Share