Wabup Thariq Ingatkan Pentingnya Dokumen Kependudukan & Catatan Sipil

  • Share

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pelaksana negara yang tentunya harus memahami tugas negara.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, saat menghadiri kegiatan sosialisasi peningkatan pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil (dukcapil), berbasis data keluarga secara online, bagi aparat desa, kecamatan dan stakeholder terkait.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor Camat Sumalata, Kamis (02/09/2021), dihadiri oleh Asisten pemerintahan, Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil, Camat Sumalata dan Sumalata Timur.

Dalam sambutannya wakil bupati juga menyampaikan, bahwa tugas negara adalah melindungi segenap rakyat, maka dokumen catatan sipil adalah bentuk perlindungan negara.

“Makanya tidak boleh menghambat, memperlambat dan mempersulit dengan berbagai alasan, ” Tegas Thariq.

Mensejahterakan rakyat, kata wabup, juga adalah bagian dari tugas aparatur negara, diantaranya dalam bentuk bantuan.

Menurutnya, konsep kesejahteraan itu berantai. Rakyat sejahtera, semua sejahtera.

“Jadi instrumen-instrumen seperti Kartu Keluarga (KK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) itu adalah instrumen pelayanan negara, ” Ujar wabup.

Oleh karenanya wabup Thariq berharap, agar moment kegiatan sosialisasi ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Menurut wabup, tujuan pelayanan data kependudukan dibuat format online adalah, agar lebih cepat, lebih murah dan lebih efektif.

Lambatnya pelayanan data kependudukan didaerah, akan berpengaruh terganggunya sistim data nasional.

Wabup juga meminta kepada para kepala desa, agar mengingatkan kepada masyarakat agar jangan nanti sudah ada kebutuhan berniat untuk mengurus data kependudukan. (Daily25/Ulfa)

  • Share

Dailypost Indonesia

Close