3 Rumah Sakit di Kabupaten Gorontalo Diuji Cobakan Sistem Global Budget, Ini Harapan Bupati

  • Share

DAILYPOST.ID, Limboto– Sebanyak tiga rumah sakit yang berada di wilayah Kabupaten Gorontalo diuji cobakan ke dalam sistem global budget oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Rumah sakit tersebut yakni RSUD Ainun Habibie, RSUD MM. Dunda, dan RSUD Boliyohuto.

Direktur Perencanaan BPJS kesehatan mengatakan, manfaat dari global budget ini adalah, dimana rumah sakit mendapatkan biaya yang sudah pasti. Artinya, sistem global budget akan memberikan fleksibilitas bagi rumah sakit dalam melakukan pengeloaan dan restrukturisasi anggaran sesuai dengan prioritas kebutuhan serta keleluasaan dalam improvisasi pemanfaatan biaya pelayanan kesehatan demi meningkatkan kualitas layanan medis terutama bagi para peserta JKN.

“Kami memberikan dana sehingga bagaimana rumah sakit bisa mengendalikan biaya tersebut sesuai dengan kebutuhan dari pada pasien,” ujar Direktur Perencanaan BPJS, Jumat (08/10/2021).

Rencananya, lanjut Direktur Perencanaan BPJS, jika program blobal budget ini berhasil diterapkan di Kabupaten Gorontalo, atau menunjukan hasil yang baik, maka program ini akan dikembangkan lagi secara nasional.

“Jadi belum semuanya, kalau sudah banyak maka kita akan kembangkan lebih banyak. Karena ini merupakan uji coba, jika ini sudah menunjukan hasil yang baik maka kita akan kembangkan secara nasional,” pungkasnya.

Penyerahan sexara simbolis Dana Global Budget oleh BPJS Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Jumat (08/10/2021)

Menanggapi program global budget oleh BPJS Kesehatan ini, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berharap sistem ini dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik di Kabupaten Gorontalo.

“Disini (Kab Gorontalo) memang memiliki jumlah penduduk yang terbesar di Provinsi Gorontalo, sehingga kalo diuji cobakan disini maka insya allah akan berkembang di seluruh provinsi,” tutur Bupati Nelson, usai menghadiri acara penyerahan secara simbolis Dana Global Budget, di ruang Madani, Jumat (08/10/2021).

Nelson optimis sebab dari sisi fasilitas Kabupaten Gorontalo punya tiga rumah sakit yang besar dan puskesmas terbanyak.

“Kita berharap sekali apa yang telah diuji cobakan ini akan dilanjutkan terus dan tentunya hasilnya ini akan kita evaluasi untuk perbaikan kedepan, dan nantinya pelayanan khususnya di bidang kesehatan ini akan lebih baik,” tandas Bupati Nelson. (Daily*/Sena)


  • Share