Ketua FORK4SI: Pentingnya Membangun Budaya dan Pola Pikir untuk Ciptakan ‘Smart City’

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo, sekaligus Ketua Forum Komunikasi Kadis Kominfo Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (FORK4SI), Haris Suparto Tome menjadi narasumber dalam acara Indo Smart City Forum & Expo 2021.

Kegiatan yang digelar di Hotel Rich Jogja-Yogyakarta, Jumat (15/10/2021) itu, digagas oleh Garindo Media Tama bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan FORK4SI.

Dalam kesempatan itu Haris mengungkapkan, dalam menjalankan program percepatan smart city seharusnya dilakukan secara bersama-sama baik pemerintah, stakeholder, masyarakat serta seluruh komponen untuk membangun daerah.

“Untuk mendorong lahirnya smart city di daerah, bukan hanya dilakukan oleh Dinas Kominfo saja namun harus dilakukan oleh seluruh stakeholder di daerah itu yang disebut Orkestrasi Digital,” ungkap Haris saat memberikan materi dalam forum tersebut.

“Yang harus diperhatikan juga ialah dari segi organisasi dan menejemen yang kita rangkul agar sama-sama bisa mendorong terciptanya hal tersebut,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Haris, kolaborasi dengan para pihak swasta juga sangat diperlukan. Sebab keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) masih menjadi kendala yang dihadapi saat ini di dalam melaksanakan smart city.

Lainnya, Haris juga mengungkapkan dalam percepatan smart city bukan berdasarkan pada proyek-proyek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), melainkan pada perubahan pola pikir dan budaya kerja yang adaptif dan agile.

“Yang paling penting ialah bagaimana membangun budaya dan pola pikir untuk menciptakan smart city tersebut. Termasuk masyarakatnya harus cerdas agar tidak mudah terpengaruh dalam penyebaran berita berita hoaks,” pungkas Haris. (Daily30/Sena)

Ketua FORK4SI: Pentingnya Membangun Budaya dan Pola Pikir untuk Ciptakan ‘Smart City’

  • Bagikan