HUT provinsi gorontalo ke 21

Meriahkan HUT PGRI ke-76, Wabup Thariq: Guru Miliki Peran Strategis

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara- Kegiatan pencanangan penanaman 1000 pohon dan pembukaan kegiatan persahabatan, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021, dilaksanakan di Lapangan olahraga Kecamatan Monano, Selasa (23/11/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), unsur TNI-POLRI serta pengurus dan anggota PGRI se-Gorut.

Ditemui usai menghadiri kegiatan tersebut, Thariq Modanggu menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan momentum pertama bagi para guru honorer, yang telah beralih status menjadi pegawai dengan perjanjian kerja, dan sudah menjadi ASN. Karena ASN mempunyai 2 unsur, yakni PNS dan P3K.

“Kegiatan ini adalah satu momentum penting bagi kita semua, dalam rangka merekatkan dan mewujudkan kembali cita-cita organisasi ini dibuat berdasarkan kongres yang pertama, yaitu 100 hari setelah kemerdekaan yaitu tanggal 25 November 1945,” ungkap Thariq.

Hal ini juga berdasarkan keputusan presiden nomor 78 tahun 1994, ditetapkan sebagai HUT PGRI dan HGN.

“Ini adalah satu kebanggan kita semua, bahwa para guru adalah garda terdepan dalam upaya mewujudkan tujuan bernegara, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dimana para guru memiliki peran yang sangat strategis,” Ungkapnya.

Menurut wabup, organisasi guru sudah ada sejak jaman kemerdekaan, dan begitu banyak organisasi yang mewadahi para guru.

Beberapa organisasi para guru adalah, organisasi profesi, ketenagakerjaan, dan organisasi perjuangan.

“Oleh karenanya kami melihat ada berbagai kegiatan dilaksanakan, yakni mulai dari pencanangan penanaman 1000 pohon. Dan berharap kegiatan ini tidak hanya di tempat ini, tapi di setiap kecamatan,” tandasnya.

Selain itu, wabup juga mengapresiasi kegiatan gebyar vaksin, pemberian penghargaan kepada para guru yang memiliki komitmen inovatif, juga seminar nasional melalui webinar, pertandingan olahraga, dan tilawah al’quran.

Kegiatan ini bisa terlaksana dengan luar biasa, atas kerjasama dari semua pihak, terutama kepada Dinas Pendidikan sebagai pelaksana kegiatan. Dirinya pun berharap, bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi kemampuan kompetensi para guru melalui organisasi tercinta.

Kepada semua pihak juga diharapkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), agar Gorut tetap di zona hijau dan PPKM level 1. (adv)

Meriahkan HUT PGRI ke-76, Wabup Thariq: Guru Miliki Peran Strategis

  • Bagikan