Lukman Botutihe : Jika Ingin Gorut Maju, Segera Ganti Kepala Bappeda Gorut, Kinerjannya Buruk

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorut- Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Lukman Botutihe meminta kepada Bupati Gorut Indra Yasin untuk segera mencopot Kepala Badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gorontalo Utara, Faisal Piu, karena dinilai mempunyai kinerja yang sangat buruk dari seluruh OPD yang ada.

“Pada dasarnya apa yang saya sudah sampaikan ini sudah mendapat respon dari Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Thariq Modanggu sebagai pengendali jalanya pemerintahan, akan tetapi repon itu seharusnya di dengar langsung oleh lembaga DPRD sebagai salah satu bentuk fungsi pengawasan kami, tapi sayangnya kita belum mendengar langkah-langkah evaluasi terhadap beberapa OPD yang seharusnya segera di evaluasi seperti halnya Bappeda Gorut dan dinas lainya,” kata Lukman Botutihe, Kamis (16/12/2021).

Evaluasi kinerja beberapa pimpinan OPD kata Lukman, tujuan dasarnya untuk kemajuan daerah, dimana sisa jabatan dari Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Thariq Modanggu yang tinggal 3 Tahun lagi.

“Kenapa kita suarakan ini? tujuannya untuk kemajuan daerah. Saya sayang dengan pak Indra dengan pak Thariq yang tinggal 3 tahun lagi, tetapi tidak pernah ada kemajuan dengan daerah ini, sebagai warga Gorut kita juga punya kepedulian, karena kalau bukan kita siapa lagi? dan kalau bukan hari ini, kapan lagi?, jadi jangan anggap ini sebuah istilah seperti Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu, sangatlah bermanfaat dan bijak kalau pak Indra mendengar saran dan kritikan seperti ini dan segera menindaklanjutinya,” ujar Lukman.

Sekertaris DPW PAN Provinsi Gorontalo ini juga meminta agar prores perencanaan di tahun anggaran 2022 mendatang, harus ada perubahan yang signifikan dari seluruh OPD yang ada terutama dari Bappeda Gorut.

“Makanya kami minta semua OPD itu harus punya perencanaan yang bagus, istilahnya harus ada masterplan yang matang, karena APBD kita tiap tahun itu terus bertambah, bagaimana Kementrian mau memberikan bantuan, kalau data dan perencanaan kita amburadul, kalau perencanaan kita matang dari tingkat Kabupaten, Kecamatan Hingga Desa secara otomatis kita bida dapat anggaran yang besar, dan itu gunannya perencanaan,” tegas Lukman.

Politisi 3 Periode ini juga menilai, buruknya kinerja Kepala Bappeda Gorut yang tidak mempunyai kepedulian terhadap perecanaan daerah, secara tegas dirinya meminta kepada Bupati Indra Yasin untuk segera mencopot Faisal Piu dari jabatanya.

“Saya berani bilang, kinerja kepala Bappeda Gorut itu sangat buruk, saya minta Bupati segera mengganti dengab orang yang lebih paham dengan perencanaan, semua yang ada di Bappeda itu harus di evaluasi jika ingin Gorut maju kedepannya,” tandasnya.(Adv/Daily03)

 

 

 

 

Lukman Botutihe : Jika Ingin Gorut Maju, Segera Ganti Kepala Bappeda Gorut, Kinerjannya Buruk
  • Bagikan