Antara Vaksinasi dan Kerumunan, Ini Pola yang Diterapkan Pemkab Gorontalo

  • Bagikan
Foto : Istimewa/Ilustrasi

DAILYPOST.ID, Limboto- Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini terus mendorong pelaksanaan vaksinasi di masyarakat guna untuk menekan penularan Corona Virus (Covid19).

Upaya pemerintah daerah ini pun terus membuahkan hasil, dimana tingkat vaksinasi yang tinggi dan efeknya langsung dirasakan oleh masyarakat, sehingga Kabupaten Gorontalo kini berada di level 2.

Selama ini, meski pelaksanaan vaksinasi terus didorong, akan tetapi pemerintah daerah tetap mengutamakan protokol kesehatan ketat salah satunya dengan menghindari kerumunan. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten telah membuat pola pelaksanaan vaksinasi berbasis desa dan sekolah.

“Memang pak bupati sudah merumuskan pola pelaksanaan vaksinisasi itu berbasis desa dan sekolah, tujuannya adalah mememberi ruang distribusi pada masyarakat agar tidak berkerumun,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumanti Maku, Selasa (19/10/2021).

Pola ini juga, lanjut Sumanti, berguna untuk memberikan ruang dan waktu kepada tenaga vaksinator untuk melakukan tracing. Karena para tenaga vaksinator juga bertugas untuk melakukan tracing.

“Dengan pola itu maka kita harus bisa mengatur dengan baik tenaga vaksinatornya agar tidak hanya mengurus vaksinasinya tapi juga masih memiliki ruang dan waktu untuk kegiatan tracing. Karena meski saat dievaluasi data menunjukkan bahwa kegiatan vaksinasi kita bagus tapi hasil tracing kita terkonfirmasi hanya dibawah 15,” tambahnya.

Namun, jika pelaksanaan vaksin dan tracingnya baik, Sumanti yakin Kabupaten Gorontalo bisa turun ke level satu. (Daily30/Sena)

Antara Vaksinasi dan Kerumunan, Ini Pola yang Diterapkan Pemkab Gorontalo

  • Bagikan