Grand Opening Wisata Embung Hutadaa, "BIGLANDnya" Gorontalo | DAILYPOST.ID
Headlines

Grand Opening Wisata Embung Hutadaa, “BIGLANDnya” Gorontalo

DAILYPOST.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Launching penerapan new normal atau normal perilaku baru sekaligus grand opening wisata embung Hutadaa yang dikembangkan berkat tangan dingin Kepala Desanya Wowiling Habibullah, di Desa Hutadaa Kecamatan Telaga Jaya, Minggu (12/07/2020) malam.

Kegiatan ini diramaikan dengan penampilan para Musisi Seniman Gorontalo (MSG), antara lain penampilan spesial dari Wiranti Ngau dan Ismail Padeti.

Kepala Desa Hutadaa, Wowiling Habibullah dalam sambutannya mengatakan, embung hutadaa atau embung “Bigland” ini bersumber dari APBN dengan alokasi anggaran Rp 1 miliar. Dimana di Kementerian Desa ada 4 program unggulan salah satunya adalah pengembangan wisata embung Hutadaa ini.

“Embung Hutadaa, selain untuk menampung air, kami juga memanfaatkan embung sebagai tempat wisata untuk memancing. Karena Kita lihat animo masyarakat dalam memancing itu sangat tinggi,” tuturnya.

Dengan minat masyarakat yang tinggi seperti ini, lanjut Wowiling, pihaknya menangkap peluang ini, apalagi desa diberi peluang untuk mengelola potensi wisata ini.

“Maka kita berusahaa memanfaatkan kantong dana desa untuk mengembangkan desa,” ujar Kades.

Dengan wisata ini juga, kata Wowiling, juga membuka potensi dan peluang masyarakat untuk meningkatkan ekonomi.

“Bagaimana pun kita pemerintah desa menyamakan visi misi ini dengan visi misi pemerintah kabupaten. Dimana program-program pemerintah desa harus bersinergi dengan pemerintah kabupaten,” kata dia.

Ia juga mengungkapkan, Pemerintah Desa Hutadaa berhasil melobi anggaran Rp4,2 miliar untuk mengembangkan wisata di Hutadaa.

“Alokasi angaran 4 miliar itu semuanya mengarah untuk hutadaa,” tukas Wowiling.

Sementara, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam sambutannya menyampaikan, Hutadaa ini memiliki kebanggan tersendiri.

Selain namanya yang diartikan sebagai tanah yang luas, Nelson mengaku bangga dengan Pemerintah Desa yang terus berinovasi mengembangkan desa bahkan berhasil mendapatkan anggaran dari pusat sebanyak Rp4,2 miliar.

“Saya juga bangga berada disini karena embung hutadaa alhamdulillah dipoles menjadi baik bahkan menjadi tempat wisata. Kalau kita punya kemauan keras, maka itu akan terwujud dan itu dibuktikan kades dan masyarakat hutadaa malam hari ini,” ujar Nelson.

Bupati berharap wisata ini menjadi PAD dana desa di Hutadaa, “karena kita beharap setiap desa ada kemandirian,” imbuhnya.

Menurutnya, pembangunan itu bisa berjalan dengan baik jika ada kerjasama antar pemerintah desa dengan rakyatnya, maka dirinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa dan juga masyarakat karena program-program desa berjalan dengan baik.

“Harapan saya embung ini benar-benar dijaga. Pariwisata harus kita dorong agar semangat rakyat itu bangkit,” tutur Nelson.

Kemudian terkait launching norma perilaku baru, lanjut Nelson, Nelson mengajak masyarakat melawan covid dengan cara yang cerdas, bebas tapi bertanggung jawab. (Daliy13)

Comments

Popular Post

To Top
%d blogger menyukai ini: