Pemkab Malang dan DPRD Setuju Terhadap Raperda Perseroda BPR Artha Kanjuruhan

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Kabupaten Malang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), bersetuju terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Artha Kanjuruhan Pemerintah Kabupaten Malang.

Persetujuan bersama tersebut, ditandai dengan penandatanganan bersama oleh Bupati Malang, H.M Sanusi dan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, Kamis (25/11/2021).

Juru bicara DPRD Kabupaten Malang, menyampaikan, Raperda tersebut telah disampaikan Bupati Malang pada 11 Maret 2020 silam. Kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) pada 13 Juli 2020.

Setelah itu, dilakukan pembahasan maupun fasilitasi oleh Gubernur Jawa Timur, sebagaimana tertuang dalam Surat Gubernur Jawa Timur Nomor : 188/24019/013.2/2021 tertanggal 14 Oktober 2021, perihal hasil fasilitasi Rancangan Peraturan Daerah.

Hasil pembahasan DPRD bersama tim Raperda Pemkab Malang tersebut, diantaranya; menghapus peraturan yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menambahkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 77 Tahun 2020, tentang pengelolaan keuangan daerah.

Pemkab Malang dan DPRD Setuju Terhadap Raperda Perseroda BPR Artha Kanjuruhan

Ruang lingkup Perda ini, mengatur ketentuan tentang PT. BPR Artha Kanjuruhan yang meliputi; penyesuaian bentuk badan hukum dan nama; nama dan tempat kedudukan; merek jasa; maksud dan tujuan; kegiatan usaha; jangka waktu berdiri; besarnya modal dasar; organ dan pegawai; satuan pengawas intern, komite audit dan komite lainnya; perencanaan operasional dan pelaporan, serta tahun buku dan penggunaan laba.

Maksud pendirian PT. BPR Artha Kanjuruhan Pemerintah Kabupaten Malang, adalah untuk meningkatkan peran dan fungsi BUMD dalam mendorong pertumbuhan perekonomian, pemerataan pembangunan daerah, guna mewujudkan masyarakat daerah yang maju, mandiri dan berdaya saing melalui pelayanan perbankan.

Sementara tujuan pendirian PT. BPR Artha Kanjuruhan, adalah memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah. Selain itu, memperluas akses keuangan kepada masyarakat, mendorong pembiayaan usaha mikro kecil menengah, serta memperoleh laba atau keuntungan dan memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Adapun sumber modal PT. BPR Artha Kanjuruhan, terdiri atas penyertaan modal daerah, pinjaman, serta hibah dan sumber modal lainnya. Modal dasar PT. BPR Artha Kanjuruhan, ditetapkan sebesar 50 miliar rupiah.

Bertolak dari hal di atas, DPRD Kabupaten Malang, berharap, BPR Artha Kanjuruhan, agar menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan selanjutnya dijadikan dasar persetujuan bersama antara DPRD dengan Bupati Malang.

“Semoga apa yang telah dilaksanakan dapat memberikan kebaikan dan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Malang”, demikian juru bicara DPRD Kabupaten Malang.

Menanggapi hasil pembahasan DPRD Kabupaten Malang, Bupati Malang, berharap, agar tujuan ditetapkannya Raperda tentang Perseroda BPR Artha Kanjuruhan, dapat segera terwujud. Terlebih untuk mendukung visi pembangunan jangka menengah Kabupaten Malang, tahun 2021-2026.

Ia juag berharap kepada BPR Artha
Kanjuruhan, agar segera menyusun peraturan pelaksanaannya, sesuai hasil fasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Terhitung dalam waktu paling lama satu (1) tahun sejak Perda diundangkan.

Pada kesempatan kali ini, juga disampaikan empat (4) Raperda, oleh Bupati Malang, perihal hasil fasilitasi. Antara lain; Menambahkan dasar hukum dalam konsideran. Mengingat, Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

Mengubah judul Bab IX yang sebelumnya “Besarnya modal dasar” menjadi “Modal”; Menambahkan rincian modal yang sudah ditempatkan oleh Pemerintah daerah pada setiap tahunnya dan peraturan pelaksanaan dari Perda ini harus ditetapkan paling lama satu (1) tahun terhitung sejak Perda ini
diundangkan.

“Mudah-mudahan tindak lanjut dari penyampaian ini akan berjalan sesuai dengan agenda sebagaimana yang diharapkan bersama demi amanat pembangunan untuk masyarakat Kabupaten Malang”, harap Politisi PDI Perjuangan itu. (Daily27/wati/adv)

Artikel Pemkab Malang dan DPRD Setuju Terhadap Raperda Perseroda BPR Artha Kanjuruhan Telah Tayang di news.dailypost.id. Kunjungi news.dailypost.id – by DAILYPOST.ID | Media Siber Millennial Sekarang!

Pemkab Malang dan DPRD Setuju Terhadap Raperda Perseroda BPR Artha Kanjuruhan
  • Bagikan