Audiens dengan BPJS Ketenagakerjaan, Bupati Nelson: Utamakan Para Honorer!

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Kabupaten Gorontalo – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menerima audiens Ketua BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo, Hendra Elvian di Kantor Bupati Gorontalo, Jumat (3/12/2021).

Audiens dilakukan dalam rangka Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Wilayah Kabupaten Gorontalo sesuai Permendagri Nomor 27 Tahun 2021.

Di kesempatan itu, Bupati Nelson menyampaikan beberapa poin penting. Di antaranya jaminan kesehatan bagi tenaga kerja di Lingkungan Pemkab Gorontalo, dalam hal ini para honorer.

Bupati Nelson mengharapkan, tenaga honorer di lingkungan Pemkab Gorontalo bisa terkafer dalam BPJS Ketenagakerjaan yang dibayar oleh pemerintah.

“Kalau ASN kan gaji mereka tinggi, jadi bisa mendaftar dalam BPJS mandiri. Begitu juga dengan tenaga kontrak seperti PPPK dan tenaga kontrak di desa yang gajinya sudah standar. Nah, yang harus kita perhatikan saat ini adalah mereka para honorer yang gajinya masih rendah. Para honorer yang (berjumlah-red) dua ribuan itulah yang perlu kita backup lewat BPJS Ketenagakerjaan. Jadi yang dibiayai pemerintah adalah mereka para honorer dengan gaji di bawah standar,” jelas Nelson.

Meski begitu, lanjut Nelson, kebijakan yang akan diambil nantinya harus disesuaikan dengan regulasi yang ada sehingga tidak menyalahi aturan.

“Ya, ini perlu! Supaya kedepannya bisa kita sesuaikan dengan kondisi anggaran yang tersedia. Jika honorernya punya SK Bupati maka (iuran BPJS Ketenagakerjaannya-red) wajib kita anggarkan,” tukasnya.

“Jadi tidak perlu lagi surat edaran ke OPD-OPD karena ini langsung kita anggarkan. Makanya, yang perlu diperjelas saat ini adalah legitimasi dan datanya. Untuk menyinkronkan data ini maka diperulkan peran BKD dan BPJS,” sambung Nelson. (daily02)

Artikel Audiens dengan BPJS Ketenagakerjaan, Bupati Nelson: Utamakan Para Honorer! dimuat via news.dailypost.id.

Audiens dengan BPJS Ketenagakerjaan, Bupati Nelson: Utamakan Para Honorer!
  • Bagikan