Beri Kesaksian Pada Gugatan Ridwan Yasin, Hamzah Sidik Sampaikan Hal Ini di Hadapan Majelis Hakim

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorut- Gugatan mantan Sekertaris Daerah Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin terus bergulir, setelah melalui beberapa tahapan pelaksanaan sidang, kali ini giliran Wakil Ketua DPRD Gorut Hamzah Sidik berkesempatan memberikan keterangan di ruang sidang Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) Gorontalo terkait dengan pemberhentian Ridwan Yasin sebagai Sekertaris Daerah.

Hamzah Sidik saat di konfirmasi mengatakan, kehadiran dirinya pada sidang gugatan mantan Sekertaris Daerah itu atas dasar permintaan dari Bupati Gorut Indra Yasin.

“Saya hadir di persidangan karena permintaan bupati dan juga untuk membantu seluruh pihak, dalam hal ini majelis hakim, penggugat, dan juga tergugat yakni Pemerintah Daerah (Pemda) Gorut,” kata Hamzah, Rabu (29/12/2021).

Perihal apa saja yang menjadi pertanyaan dalam sidang tersebut kata Hamzah, dirinya menyampaikan keterangan dihadapan majelis hakim sesuai apa yang dia ketahui.
“Jika keterangan saya dibutuhkan, silakan dipergunakan. Karena saya memberikan keterangan, itu sesuai apa yang saya ketahui,” ujar Hamzah.

Dalam persidangan lanjut Hamzah, terdapat beberapa pertanyaan yang di tanyakan perihal mekanisme terkait dengan persoalan perubahan Anggaran yang dilakukan mantan Sekda yang pada waktu itu juga menjabat sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam program dana pendamping ceria.

“Saya sudah menjelaskan bahwa perubahan anggaran itu tanpa sepengetahuan kami di DPRD, dimana yang bersangkutan suda dua kali melakukan tindakan tersebut, sehingga menurut hemat kami itu bertentangan dengan ketentuan perundang – undangan,” terang Hamzah.

Ketua DPD II Golkar Gorut ini juga menjelaskan, dalam kesaksiannya di hadapan majelis hakim, yang bersangkutan telah melakukan pergeseran anggaran pendamping ceria dari total Anggaran sebesar Rp.2,7 atau 2,8 Milyar juga mobil dinas yang di anggarkan 700 juta namun di geser menjadi tanah.
“Tentu itu yang telah saya sampaikan maupun jelaskan kepada majelis hakim, dimana hal tersebut tanpa sepengetahuan kami di DPRD,” urai Hamzah.

Tidak hanya itu, lanjut Hamzah , terkait dana hibah pramuka yang bertentangan dengan MPHD serta permendagri tentang bantuan dana hibah dan bantuan sosial, dimana semua calon penerima itu mengajukan dana hibah berupa bentuk proposal dan dilengkapi dengan kebutuhan anggaran, namun dari pramuka tersebut tidak pernah memasukan ke Pemda.

“Walaupun demikian MPHD bisa di tandatangani oleh sekda karena dalam Perbub di bolehkan, akan tetapi dalam MPHD itu di sebutkan bahwa pihak yang mengajukan permohonan harus pihak ke dua. Nah di satu sisi sementara pihak ke dua adalah sekertaris Kwarcab, dalam hal ini ibu Yuke, melainkan bukan Ridwan Yasin. Namun pada pencairan saudara Ridwan Yasin yang melakukan permohonan pencairan, dan itu bertentangan,” ungkapnya.

Mantan anggota DPRD provinsi Ini juga menambahkan, sesuai apa yang disampaikan olehnya kepada majelis hakim mengenai apa yang di mohonkan dan juga di kerjakan penggugat itu berbeda, sehingga itu dapat dikatakan melanggar.

“Rincian anggaran kebutuhan yang dimohonkan dengan yang di lakukan kegiatan itu berbeda dan tidak sesuai. Seperti halnya membeli masker, sembako, dan obat – obatan. Namun dari tiga itu ternyata masker dan obat – obatan tidak ada, semuanya hanya di belikan sembako. Dan yang ke dua tentang pengajuan untuk melaksanakan kegiatan pelantikan saka bakti husada, namun justru yang dilakukan hanyalah rapat kerja kwarcab, yang dilakukan di Hotel Aston,” imbuh Hamzah.

“Semua di kembalikan ke majelis hakim, jika memang keterangan saya itu dapat memperkuat bupati, maka jelas mungkin yang akan di ambil oleh majelis hakim menolak gugatan dari penggugat, karena apa yang dilakukan oleh bupati, itu sudah sesuai dengan peraturan perundang undangan. Namun jika sebaliknya keterangan saya bisa menguntungkan si penggugat, kemungkinan juga gugatannya dapat di terima majelis hakim,” pungkas Hamzah. (Adv/Daily03)

Artikel Beri Kesaksian Pada Gugatan Ridwan Yasin, Hamzah Sidik Sampaikan Hal Ini di Hadapan Majelis Hakim dimuat melalui news.dailypost.id.

Beri Kesaksian Pada Gugatan Ridwan Yasin, Hamzah Sidik Sampaikan Hal Ini di Hadapan Majelis Hakim
  • Bagikan