BMKG Medan Infokan Aktivitas Typhoon RAI, Warga Asahan Diminta Waspada

  • Bagikan

DAILYPOST.ID – Berdasarkan hasil monitoring model analisis sinoptik yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah I Medan pada tanggal 17 Desember 2021 menunjukkan adanya aktivitas Typhoon RAI di laut Cina.

Menurut BMKG Medan, hal tersebut memicu tekanan rendah di semenanjung Malaysia dan konvergensi di wilayah pantai barat Sumatera. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan curah hujan di wilayah Sumatera Bagian Utara selama 3 hari kedepan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar melalui keterangannya, Sabtu (18/12/2021).

Ia juga menjelaskan, munculnya aktivitas Typhoon RAI ini diprakirakan akan berdampak pada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi lama dan cakupan wilayah yang luas sehingga dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologis (banjir bandang, longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi).

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan menghimbau masyarakat Kabupaten Asahan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bila terjadi bencana hidrometeorologis di wilayah Sumatera Utara pada tanggal 18 hingga 21 Desember 2021 mendatang.

Ia juga memaparkan, beberapa wilayah di Sumatera Bagian Utara yang diprakirakan akan terdampak bencana hidrometeorologis, seperti Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Utara, Madina, Deli Serdang, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan Kota Sibolga. Wilayah ini ditetapkan sebagai status siaga.

Sedangkan, Asahan, Kota Tanjung Balai, Labuhanbatu Utara, Padang, Nias Utara, Kota Gunung Sitoli, Nias Selatan, Simalungun, Kota Medan, Humbahas, Batu Bara, Labuhanbatu, Langkat, Paluta, Nias, Nias Barat, Kota Tebing Tinggi, dan Kota Binjai ditetapkan berstatus waspada.

“Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses media sosial @infobmkgsumut, atau menghubungi layanan informasi Balai Besar MKG Wilayah I Medan melalui call center 082168043653, atau email [email protected],” pungkasnya.

Penulis: Supariono

Dailypost Asahan

Artikel BMKG Medan Infokan Aktivitas Typhoon RAI, Warga Asahan Diminta Waspada dimuat melalui news.dailypost.id.

BMKG Medan Infokan Aktivitas Typhoon RAI, Warga Asahan Diminta Waspada
  • Bagikan