Gustam Dorong Baznas Dapat Anggaran Dari APBD

  • Bagikan

 

 

DAILYPOST.ID, Gorut- Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Gustam Ismail, meminta kepada Pemerintah Daerah untuk dapat menganggarkan anggaran kepada pihak BAZNAS Gorut sebagaimana OPD lainnya.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kata Gustam, merupakan lembaga pemerintah non struktural yang bersifat mandiri dan diatur dengan UU No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat.

“BAZNAS itu punya Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT), dengan adanya program itu seharusnya ada anggaran tersendiri dalam bentuk Rencana Anggaran Belanja Hibah (RABH) untuk Banzas,” ujar Gustam Ismail, Senin (20/12/2021).

Sebagaimana amanat PP 14 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Keberadaan Baznas di daerah dinilai sangat membantu pemerintah dalam berbagai macam program unggulannya.

“Baznas telah banyak membantu Pemda dengan penanggulangan kemiskinan di daerah ini. Program tersebut yakni, sosial kemanusiaan seperti konsumtif rumah sejahtera Baznas, kesehatan, ekonomi bagi usaha kecil, dan pendidikan seperti beasiswa bagi Daqwah dan Mubaliq,” kata Gustam.

Dengan adanya berbagai macam program kemanusiaan lanjut Gustam, sudah selayaknya Baznas Gorut mendapatkan suport anggaran dari pemerintah daerah.

 

“Mereka punya program yang sengat jelas sasasarnya, dan itu semua butuh suport dari kita yang ada di eksekutif dan legislatif,” tutur Gustam.

Untuk memaksimalkan kinerja dari Baznas, politisi senior 2 Periode ini juga meminta agar pemerintah daerah untuk dapat menganggarkan pengadaan kendaraan roda 4 maupun roda 2 untuk menunjang kegiatan operasional dari Banzas itu sendiri.

“Saya juga menyarankan agar seluruh anggota DPRD Gorut dapat merealisasikan zakat mal ke Baznas. Untuk perda zakat insha Allah tahun depan akan menjadi prioritas inisiatif DPRD sebagaimana rancangan perdanya sudah masuk di DPRD,” pungkasnya.(Adv/Daily03)

Artikel Gustam Dorong Baznas Dapat Anggaran Dari APBD dimuat melalui news.dailypost.id.

Gustam Dorong Baznas Dapat Anggaran Dari APBD
  • Bagikan