Masuk Dalam Locus UNDP, Tambah Poin Perkembangan Gorut ke Depan

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Kegiatan sosialisasi portofolio solusi bersama dengan pemerintah lokal Gorontalo, yang dilaksanakan oleh Jaring Advokasi Pengelolaan Sumber Daya Alam (Japesda), yang merupakan inisiatif dari UNDP, dilaksanakan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (23/12/2021).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Asisten Pemerintahan dan Kesra, beberapa pimpinan OPD, Camat Ponelo Kepulauan, para kepala desa se-Kecamatan Ponkep, serta para pemateri.

Ditemui usai kegiatan itu, wabup mengatakan, Inisiatif UNDP sangat penting skali, dalam rangka bagaimana membangun melahirkan portofolio inisiatif masyarakat dan inovasi-inovasi masyarakat ditampung.

“Hari ini, UNDP melalui tim yang ada sudah menyajikan portifolio. Khususnya untuk kawasan Ponelo Kepulauan,” ujarnya.

Dipilihnya Ponelo Kepulauan sebab wilayah tersebut merupakan locus yang ditetapkan, dan juga kawasan pedesaan yang ditetapkan oleh kementerian desa.

Oleh karenanya kata wabup, inisiatif lokal dan portofolio inovasi yang sudah dikembangkan oleh fasilitator UNDP sangat penting skali dalam rangka pengembangan program dan masyarakat yang membutuhkan intervensi stakeholder.

“Satu hal yang membanggakan kita bahwa Gorontalo Utara dalam hal ini Ponelo Kepulauan, masuk locus UNDP dalam rangka pengembangan inisiatif lokal,” tuturnya.

Untuk itu wabup berharap, terhadap OPD dan juga seluruh pemerintah daerah termasuk desa-desa, agar bisa memanfaatkan portofolio ini untuk membangun Ponelo Kepulauan.

Selain itu, cara-cara kerja yang dilakukan oleh UNDP diharapkan bisa dikembangkan di kecamatan atau desa-desa lain di Gorut.

“Kami yakin dengan beberapa keuntungan, seperti masyarakat sudah dilibatkan dan terlibat dalam membangun inisiatif dan inovasi lokal,” Jelasnya.

Berikutnya lanjut wabup, pemda dibantu melalui program ini untuk melakukan pemetaan.

“Dan yang terakhir, bahwa Gorut telah menjadi bagian dari locus UNDP, yang artinya bahwa bagaimanapun telah tercatat namanya Gorut di badan dunia, dan ini menjadi satu poin bagi pengembangan Gorut ke depan,” pungkasnya. (Adv/Daily25)

Artikel Masuk Dalam Locus UNDP, Tambah Poin Perkembangan Gorut ke Depan dimuat melalui news.dailypost.id.

Masuk Dalam Locus UNDP, Tambah Poin Perkembangan Gorut ke Depan
  • Bagikan