Potensi Hujan Masih Tinggi di Gorontalo, Begini Penjelasan BMKG!

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo – Potensi hujan di wilayah Gorontalo masih berpeluang terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat, terutama pada wilayah Gorontalo bagian utara.

Hal tersebut disampaikan Forecaster Stasiun Meteorologi Jalaluddin Gorontalo, Arimi Pratiwi Gani. Ia mengatakan, bahwa Ini diakibatkan oleh suhu permukaan laut yang masih hangat, dapat menyebabkan terbentuknya pola sirkulasi siklonik, khususnya di sekitaran wilayah Samudra Pasifik. 

“Terus ditambah dengan adanya gangguan Global La Nina, hal tersebut masih mengambil peran terhadap pembentukan awan-awan hujan, khususnya di wilayah Gorontalo,” kata Arimi Pratiwi Gani.

Pratiwi menjelaskan,  untuk peristiwa banjir Rob di  wilayah Gorontalo potensinya hanya sampai hari Kamis (9/13/21). Itupun karena disebabkan beberapa faktor, yakni adanya fase bulan baru dan yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan dengan bumi. 

“Artinya, Gorontalo tidak akan mengalami peristiwa banjir Rob seperti yang telah terjadi di Manado Sulawesi Utara. Apalagi kata dia Gorontalo mempunyai topografi yang cukup tinggi,” jelas Pratiwi

“Insya allah tidak akan seperti di Manado. Karena Gorontalo masih cukup tinggi topografi wilayahnya,tidak seperti wilayah Manado yang sudah sangat rendah, sehingga ketika terjadi kondisi tersebut mengakibatkan banjir Rob,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk beberapa hari ke depan, berdasarkan pantau pihaknya, kondisi tinggi gelombang di wilayah Laut Sulawesi bagian utara sudah tidak sesignifikan seperti kemarin, tinggi gelombangnya sudah berkisar antara 1,25 – 2.5 m. 

“Hanya saja kecepatan angin masih perlu terus diwaspadai. Mungkin lebih ke waspada untuk masyarakat yang tinggal dekat pesisir pantai, karena bisa saja sampai masuk ke rumah warga,” tuturnya

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah Laut Utara Sulawesi, yakni di bagian Gorontalo Utara, juga di wilayah Teluk Tomini agar tetap tenang dan tak panik.

“Kami menghimbau untuk masyarakat pesisir tidak perlu panik. Tetap waspada, dan selalu update info terbaru dari BMKG, dan jangan mudah percaya dengan isu hoax, selama itu bukan dari akun BMKG resmi yang mengeluarkannya,” tutupnya.(RLS)

Reporter : Zay

Artikel Potensi Hujan Masih Tinggi di Gorontalo, Begini Penjelasan BMKG! dimuat melalui news.dailypost.id.

Potensi Hujan Masih Tinggi di Gorontalo, Begini Penjelasan BMKG!
  • Bagikan