Saiful Mbuinga : Pentingnya Menjaga Kelestarian Budaya Daerah

  • Bagikan

DAILYPOST.ID,Pohuwato- Dalam rangka mengisi kekosongan pemangku adat yang berada di Kabupaten Pohuwato, Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato menggelar pelaksanaan sidang adat yang dihadiri langsung Bupato Pohuwato Saiful A.Mbuinga, Wakil Bupati Suharsi Igirisa, Sekda Iskandar Datau, bersama unsur Forkopimda Pohuwato.

Kegiatan yang berlangsung di rumah adat itu, diawali dengan pengukuhan pemangku adat Pohuwato oleh bate lo hulontalo, dan bate lo limutu loo loo’po to boalemo. Adapun pemangku adat Pohuwato Asmat N. Tuna resmi di angkat menjadi Bate loo Loopo to Pohuwato menggantikan Bani Imran Kaluku. Kemudian Rahman Pakili, Drs. Syaiful Ali Sabu, Kadhi , Wisno Pakaya, S.Pd, Hakimu, Kisman Mooduto, S.Pd Tolomato lo Pohutu, Asram Husuna, juga resmi di angkat sebagai Imam Besar Masjid Agung Pohuwato.

Bupati Saipul Mbuinga dalam sambutannya mengatakan, keberadaan para pemangku adat disetiap daerah sangatlah penting, karena pada dasarnya, pemimpin yang terpilih, baik pemimpin pemerintahan, pemangku adat, ataupun pemimpin lembaga keagamaan, sebelum memangku jabatannya dan menjalankan tugasnya, harus terlebih dahulu diawali dengan pengukuhan secara adat yang disertai dengan prosesi tahuli atau petua leluhur yang berisi nasehat.

“Keberadaan para pemangku adat ini sangatlah penting, makanya kita dari pemda, akan terus memperhatikan dan mengambil peranan penuh terhadap upaya pelestarian adat istiadat, baik adat istiadat etnis Gorontalo khususnya di wilayah Kabupaten Pohuwato,” kata Bupati, Selasa (28/12/2021).

Kepada para pemangku adat yang telah resmi dikukuhkan kata Bupati, dirinya turut menyampaikan selamat menjalankan tugas dan kepada pemangku jabatan sebelumnya dirinya juga turut mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian para pemangku adat.

“Kepada para pemangku adat yang telah di kukuhkan saya ucapkan selamat, dan Kepada pemangku jabatan sebelumnya yang telah selesai menyelesaikan tugas , saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi dan pengabdiannya, semoga beroleh nilai pahala dari Allah SWT,” ujar Bupati.

Dalam kegiatan pelantikkan para pemangku adat di Kabupaten Pohuwato ini, turut di hadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Arman Mohammad, para Camat, Kepala Desa, Qhadi Kota Gorontalo, Bate lo Hulontalo, Bate lo Limutu loo loopo to boalemo, bate lo hulantalo loo loopo to pohuwato, bate lo hulondalo to kota timur, para imam, bate, wuu dan hakimu kecamatan se-kabupaten Pohuwato. (Adv/Daily31)

 

 

 

Artikel Saiful Mbuinga : Pentingnya Menjaga Kelestarian Budaya Daerah dimuat melalui news.dailypost.id.

Saiful Mbuinga : Pentingnya Menjaga Kelestarian Budaya Daerah
  • Bagikan