Soal Penanggulangan Kemiskinan, Wabup Thariq: Harus Efektif dan Tepat Sasaran!

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Rapat koordinasi kemiskinan yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (bappeda) Kabupaten Gorontalo Utara adalah bagian dari salah satu tugas Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Gorontalo Utara.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, saat hadir sebagai pemateri rakor kemiskinan, yang dilaksanakan di Graha Anbril, Desa Moluo Kecamatan Kwandang, Kamis (02/12) 2021).

Menurut wabup, beberapa hal yang terpenting adalah, pemahaman yang sama soal bagaimana efektivitas bantuan dari berbagai lembaga bisa tepat sasaran.

“Efektif dan tepat sasaran artinya, produktif dan menghasilkan,” ujarnya.

Hal lainnya lanjut Thariq, ada koordinasi lintas program, lintas OPD dan lembaga pendampingan.

“Karena kalau itu yang terjadi, maka akan terjadi sinkronisasi dan pendekatan yang sistematis,” tandasnya.

Selain itu, salah satu strategi penanggulangan kemiskinan adalah mengurangi beban masyarakat melalui berbagai bantuan, termasuk meningkatkan usaha ekonomi.

Terkait dengan perkembangan data kemiskinan yang akan naik, wabup menegaskan, bahwa secara keseluruhan mengalami kenaikan di tingkat Provinsi.

“Kita sendiri kemungkinan berada di urutan ke empat di tingkat provinsi,” ungkapnya.

Hal seperti ini, kata Thariq, harus dimaklumi secara provinsi maupun secara nasional, karena disebabkan adanya Covid-19.

“Yang sedikit berbeda pada rakor kali ini adalah masalah stunting juga kita masukkan di sini. Ini juga sesuai dengan peraturan regulasi yang baru, bahwa masalah stunting tidak lagi di Sekertaris daerah (sekda), tapi dibawah wabup,” tegasnya.

Wabup juga nantinya akan merencanakan pertemuan khusus soal pendampingan. (Adv/Daily25)

Artikel Soal Penanggulangan Kemiskinan, Wabup Thariq: Harus Efektif dan Tepat Sasaran! dimuat via news.dailypost.id.

Soal Penanggulangan Kemiskinan, Wabup Thariq: Harus Efektif dan Tepat Sasaran!
  • Bagikan