Status Ruas Jalan Ampeldento-Sekarpuro Pakis Akan Ditingkatkan

  • Bagikan
DAILYPOST.ID, Kabupaten Malang – Status ruas jalan Ampeldento-Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, akan segera ditingkatan dari jalan Kabupaten menjadi jalan Provinsi. Mengingat, lokasi ruas jalan tersebut, tepat berada di antara dua exit tol.
Wacana peningkatan status jalan itu, dibenarkan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (Sekdin DPUBM) Kabupaten Malang, Suwiknyo, Jumat (17/12/2021). Ia mengatakan, bahwa pihkanya telah berkonsultasi dengan Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur, belum lama ini, guna meningkatkan status jalan tersebut.
Selain itu, ruas jalan perbatasan Kota Malang, tepatnya Jalan raya Sempalwadak hingga simpang tiga Bululawang, juga telah diajukan untuk naik status.
“Iya kami sudah berkonsultasi dengan pihak Dinas PU Bina Marga Provinsi dan telah mendapat respons positif untuk ditingkatkan menjadi jalan provinsi”, aku Wiknyo. Saat itu Kami menghadap bersama Dinas PU Bina Marga Kota Malang, lanjut dia.
Kepentingan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, kata Wiknyo, adalah untuk meningkatkan status jalan Ki Ageng Gribig, agar bisa menjadi jalan Provinsi. Sebab, volume kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut semakin hari semakin peningkat karena ada jalan tol.
Karenanya, fungsi jalan dimaksud juga harus mengikuti spek jalan Nasional, sementara selama ini, fungsi jalan di dua wilayah tersebut belum mendukung untuk volume kendaraan padat, ujarnya.
Bertolak dari hal di atas, ia menyampaikan, bahwa penutupan lubang di ruas jalan Ampeldento-Sekarpuro, Kecamatan Pakis, telah diprogramkan. Pelaksanaannya di mulai akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 mendatang.
“Pemeliharaan jalan di kawasan Pakis Itu telah dianggarkan sebesar Rp 200 juta”, demikian tandas Suwiknyo.
Sekadar diketahui, kondisi ruas jalan Ampeldento-Sekarpuro Pakis, terbilang memprihatinkan, bahkan darurat. Dibeberapa titik badan jalan sering terjadi kubangan air, terlebih saat hujan turun. Hal ini disebabkan karena drainase di sepanjang jalan tersebut tidak bisa menampung air, akibatnya air meluber hingga ke badan jalan. (Daily27/al/wati)

Artikel Status Ruas Jalan Ampeldento-Sekarpuro Pakis Akan Ditingkatkan dimuat melalui news.dailypost.id.

Status Ruas Jalan Ampeldento-Sekarpuro Pakis Akan Ditingkatkan

  • Bagikan