Dorong Perindustrian Gorut, Wabup Thariq Lakukan Sidak di Perindagkop

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Terkait pengembangan hasil produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah Kabupaten Gorontalo Utara, pemerintah daerah tentunya tidak hanya tinggal diam.

Untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat tidak hanya sekedar memberikan bantuan dan pelatihan kepada kelompok usaha, tetapi juga perlu dilakukan pemantauan dan melihat sejauh mana pengembangan dari bantuan dan pelatihan yang telah diberikan.

Sehubungan dengan hal itu, Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, melakukan kunjungan ke Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop), dalam hal temuan pemberian pelatihan 2 kelompok usaha di tahun 2019 dan 2020 yang tidak pernah dipantau, sampai sejauh pengembangan usaha tersebut.

“Tahun 2019 ada 2 kelompok usaha termasuk usaha karawo, dan ditahun 2020 ada 2 kelompok yang diberikan pelatihan, tetapi ternyata tidak ada dampaknya,” ungkapnya.

Hal itulah yang dipertanyakan oleh wabup tentang pemantauan, monitoring, dan evaluasi dari 2 kelompok yang sudah diberi paket pelatihan.

Wabup mengatakan, bahwa dengan cara seperti itu, Dinas Perindagkop hanya berorientasi pada program, bukan keberhasilan atau dampak dari berkembangnya industri kecil yang berbasis masyarakat.

“Makanya saya tadi memberikan petunjuk kepada mereka, mestinya melihat dan memantau dampak dari pelatihan, misalnya dampak dari keberhasilan produk. Kalau produknya bagus tapi industri Rumah Tangga ada kendala disisi pemasaran, pastinya ada bidangnya di Perindagkop,” tegasnya.

Dari beberapa hal itulah menurut wabup yang belum jalan di Dinas Perindagkop.

Oleh sebab itu, Thariq meminta untuk diadakan pertemuan, menyiapkan data masing-masing, agar bagaimana mendorong perindustrian di Gorut ini betul-betul disikapi secara kolektif oleh semua bidang, dan bukan hanya satu bidang yang melaksanakan program.

“Sebagai contoh juga, tadi ternyata produk yang terpajang bagus, tetapi selama ini usaha itu tidak ada suporting berkelanjutan untuk pengembangan industri Rumah Tangga,” pungkasnya. (Adv/Daily25)

Artikel Dorong Perindustrian Gorut, Wabup Thariq Lakukan Sidak di Perindagkop dimuat melalui news.dailypost.id.

Dorong Perindustrian Gorut, Wabup Thariq Lakukan Sidak di Perindagkop
  • Bagikan