Kabupaten Gorontalo Kini Miliki Sentra IKM Kelapa

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Kabupaten Gorontalo- Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meresmikan Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kelapa, yang berlokasi di Kecamatan Pulubala, Jumat (14/01/2022).

Peresmian yang dilaksanakam secara terbuka itu juga dihadiri Wakil Bupati Hendra Hemeto, Sekertaris Daerah Hadijah U. Tayeb, dan Kepala Dinas Perindag Gusti Tomayahu.

Bupati mengatakan, pembangunan Sentra IKM merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam memperhatikan nasib para petani kelapa dan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat kecil menengah.

Indonesia, lanjut dia, merupakan negara produksi kelapa terbesar, karena kelapa yang dijuluki pohon kehidupan ini, hampir terdapat di setiap kabupaten dan provinsi.

“Kelapa menjadi komoditi unggulan dari Pohuwato, Boalemo dan sampai Sulawesi. Bahkan Indonesia adalah kawasan terbesar di dunia dengan kisaran 3,7 juta hektar dan ini akan terus didorong lagi sampai mencapai 5 juta hektar,” ungkap Bupati Nelson.

Di Kabupaten Gorontalo sendiri, kata Nelson, sudah mempunyai beberapa Industri kelapa, yaitu Tri Jaya Tangguh, Royal Coconut dsb.

Menurutnya, upaya pembangunan Sentra IKM tersebut selain memperhatikan nasib para petani kelapa dalam mengolah hasil pertanian, juga memberikan peluang bagi masyarakat untuk bekerja dalam mengelola industri kecil menengah.

“Selain mengajak petani kelapa untuk mengolah hasil pertanian, juga dengan sentra IKM ini ada peluang untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Gorontalo,” pungkas Bupati. (Daily36/iis)

 

Artikel Kabupaten Gorontalo Kini Miliki Sentra IKM Kelapa dimuat melalui news.dailypost.id.

Kabupaten Gorontalo Kini Miliki Sentra IKM Kelapa
  • Bagikan