Ma’had Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo Gelar Mukhayyam Al Qur’an

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo – UPT Pusat Mahad Al Jami’ah atau Pesantren Mahasiswa di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, menggelar kegiatan Mukhayyam Alquran (Perkemahan Al Qur’an) perdana.

Ustadz Dr. Dulsukmi Kasim, selaku Direktur Ma’had Al Jami’ah Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo, dan juga merupakan Dosen di Kampus tersebut menjelaskan, bahwa Kegiatan Mukhayyam Al Qur’an, sebagai upaya pembinaan serta pemberantasan buta baca tulis Al Qur’an bagi kalangan Mahasiswa dan Mahasiswi.

“Kegiatan ini kami lakukan, karena mengingat salah satu tugas utama serta fungsi yang melekat pada UPT Ma’had Al Jami’ah Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo, yakni sebuah upaya untuk  memberantas buta baca tulis Al Qur’an bagi Mahasiswa,” kata Ustad Dulsukmi.

Ia menjelaskan, kegiatan ini lebih khusus yang tinggal di Mahad Al Jami’ah IAIN Sultan Amai Gorontalo. Sebab, sesuai kurikulumnya ada pengembangan baca tulis dan hafal Al Qur’an.

“Mahasantri yang mondok di Ma’had Al Jami’ah Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo, dibebankan setiap santri harus bisa menghafal satu juz Al Qur’an. Baik itu juz 30,29,28 dan seterusnya,” jelas Ustad Dulsukmi.

Selain itu Ustadz Dulsukmi menuturkan, harapannya dari kegiatan ini mudah-mudahan ini tidak hanya berlaku bagi santri Ma’had IAIN Sultan Amai Gorontalo. Akan tetapi bisa diperuntukan bagi Mahasiswa/mahasiswi IAIN Sultan Amai Gorontalo.

“Ini merupakan kegiatan perdana, yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 1 sampai 2 Januari 2022 di Desa Longalo, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango. Insya Allah kegiatan ini akan dijalankan setiap setahun sekali dan mendapat Ridho dari Allah SWT,” tutup Ustadz Dulsukmi.

Reporter : Abd Kadir

Artikel Ma’had Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo Gelar Mukhayyam Al Qur’an dimuat melalui news.dailypost.id.

Ma’had Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo Gelar Mukhayyam Al Qur’an
  • Bagikan