Penutup Tahun 2021, Perhutani Kerjasama dengan Masyarakat Lewat Penanaman Bibit Pohon

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Indramayu – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kabupaten Indramayu melakukan penanaman bibit pohon bersama Polhut dan masyarakat di kawasan hutan Jalur Kanan – Kiri Tol Cipali, Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (30/12/2021).

Administratur Perum Perhutani KPH Kabupaten Indramayu Asep Saepudin, S. Hut, Kamis, mengutarakan kegiatan penanaman Bibit pohon ini dilaksanakan di wilayah jalan tol Cipali untuk menghijaukan disepanjang jalan tol di wilayah KPH Kabupaten Indramayu, bersama masyarakat dan sebagai salah satu upaya penghijauan di lahan binaan perhutani.

Ia menyebutkan sebanyak 2 Juta bibit pohon ditanam dengan jenis tanaman jati, mahoni, dan kayu putih.

“Secara total bibit pohon yang kami tanami dilahan seluas 1.200 Hektar, dengan jenis tanaman jati, mahoni, kayu putih, trembesi dan bibit pohon mangga,” jelasnya.

Asep Saepudin, S. Hut menyampaikan Perhutani mengajak kepada semua pihak agar bersama-sama menjaga hutan, karena hutan merupakan titipan untuk anak cucu kita.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Koramil dan Polsek Terisi serta Polhut yang selama ini telah bersama-sama ikut menjaga hutan, karena dari hutan ini akan menjaga kelestarian lingkungan.

Oleh karena itu, dalam menjaga tanaman hingga masa tebang perlu dukungan dari semua elemen masyarakat dan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan lainnya karena hutan tidak lepas dari interaksi masyarakat.

Ridwan Nur Anwar S.Hut Plt Asper juga memberikan himbauan kepada masyarakat pengolah lahan Perhutani agar tanaman yang baru ditanam dirawat dengan baik.

Ia menuturkan masyarakat diperkenankan mengolah sekitar pohon untuk ditanami sayur dan sebagainya, tetapi pohon milik Perhutani agar dirawat dengan baik sehingga program pemerintah dalam rangka penghijauan bisa berjalan dan masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang ada.

Melalui penghijauan, jelasnya, banyak manfaat yang diperoleh, seperti tersedianya air bagi masyarakat, menjadi daerah resapan air, tanah menjadi tidak mudah longsor yang bisa membahayakan lingkungan sekitar, dan menjadi ekosistem hewan dan tumbuhan.

Sebagai penutup kegiatan Asep Saepudin S. Hut berharap, kedepannya tidak ada gangguan dan kerusakan, sehingga bibit pohon bisa tumbuh dengan baik (Daily28/Bagas)

Artikel Penutup Tahun 2021, Perhutani Kerjasama dengan Masyarakat Lewat Penanaman Bibit Pohon dimuat melalui news.dailypost.id.

Penutup Tahun 2021, Perhutani Kerjasama dengan Masyarakat Lewat Penanaman Bibit Pohon
  • Bagikan