Wabup Thariq Harap Kerjasama dengan KVG Beri Dampak Positif Ekonomi Masyarakat Gorut

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Kenaf Venture Global Sdn. Bhd. (KVG) adalah perusahaan pertanian di Malaysia, yang juga mendirikan perusahaan di Indonesia, membuka perkebunan tanaman kenaf (Hibiscus cannabinus).

Perusahaan tanaman tersebut mengembangkan invest usaha tanaman kenaf yang akan dijadikan industri pengolahan kenaf di Indonesia termasuk di Gorontalo Utara.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu usai mengikuti rapat vidcon dengan BAPPENAS terkait pengembangan industri tanaman kenaf, di Dinas Kominfo, Kamis (13/01/2022).

Tanaman kenaf juga merupakan komoditas unggulan di Malaysia. Keunggulan tanaman kenaf bisa dijadikan berbagai produk, seperti karung, pakaian, kosmetik. Dan tanaman kenaf juga merupakan komoditas unggulan di Malaysia.

Dalam rapat juga dibahas tentang kerjasama yang saling menguntungkan, dan nantinya akan dilanjutkan dengan persiapan penandatanganan MoU dan PKS.

“Oleh karenanya, berdasarkan pertemuan itu, disepakati untuk Gorut memastikan ketersediaan lahan,” lanjutnya.

Dipilihnya Gorut kata wabup, karena berada di posisi yang strategis secara geografis. Selain itu Gorut juga memiliki ketersediaan energi listrik yang dibutuhkan oleh industri, yakni 2×25 MW Anggrek dan 2,50 MW di Tomilito, dan juga sebagai jalinan gerbang dari 4 kawasan daerah utara-utara dengan kekuatan dari pelabuhan Anggrek,” tandasnya.

Secara kawasan regulasi menurut wabup, kawasan Anggrek merupakan kawasan industri. Itulah kenapa Gorut dipilih menjadi salah satu daerah yang punya potensi untuk pengembangan tanaman kenaf.

“Jadi rencana untuk industrinya di Anggrek, dan untuk penanamannya dikembangkan di Monano, Sumalata dan Sumalata Timur,” ungkap

Menurut wabup, dari aspek ekologis, ini sangat prospektif, tidak bermasalah. Dan tentunya akan memberikan dampak kepada perekonomian masyarakat.

Olehnya, wabup meminta kepada dinas terkait untuk melakukan kajian-kajian, persiapan teknis dan sesuai dengan payung yang diatur dalam permendagri 22 tahun 2020 tentang kerjasama pemda dengan pihak ke tiga dan pihak asing. (Adv/Daily25)

Artikel Wabup Thariq Harap Kerjasama dengan KVG Beri Dampak Positif Ekonomi Masyarakat Gorut dimuat melalui news.dailypost.id.

Wabup Thariq Harap Kerjasama dengan KVG Beri Dampak Positif Ekonomi Masyarakat Gorut
  • Bagikan