Wabup Thariq Usulkan 1 Hari Tanpa Rokok di Lingkungan Pemda Gorut

  • Bagikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menerima kunjungan audensi dari Komite Nasional Pengendalian Tembakau Nasional Committee On Tabacco Control bersama kementerian kesehatan RI, yang di terima langsung di ruang kerja bupati, Rabu (12/01/2022).

Kunjungan itu dimaksudkan untuk berdiskusi soal implementasi dari Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Menurut wabup Thariq, dari kunjungan itu, beberapa hal yang disampaikan adalah, tim audensi mengapresiasi Kabupaten Gorontalo Utara yang sudah memiliki perda.

“Berikutnya, yang kami bahas adalah strategi penerapan bahwa secara perlahan, sosialisasi dari perda ini harus mulai dinaikkan dan mulai disistematisasi, termasuk mulai penegakkan dan penegasan,” ujarnya.

Penegakkan dan penegasan itu harus diterapkan pada pendidikan, yakni generasi sekolah bukan hanya KTR, tetapi bagaimana menjadikan siswa itu jangan sampai ada yang merokok.

Selain itu kata Thariq, di tempat-tempat kesehatan dan juga di tempat umum seperti perkantoran yang tentunya harus dijaga dari bebas asap rokok.

“Perda itu tidak melarang orang merokok, tetapi mengatur bahwa merokok itu jangan mengganggu orang lain. Harus dicari tempat yang bebas, sehingga orang lain tidak akan merasakan dampak dari rokok. Oleh karena itu tentu kesadaran menjadi kunci di sini, ” tandasnya.

Wabup atas nama pemerintah daerah melalui Dinas Satpol PP yang bertugas untuk melakukan penegakkan perda diharapkan untuk lebih intens lagi untuk melakukan sosialisasi dan memberi peringatan untuk merokok pada tempatnya.

“Kami juga ada ide, mungkin untuk menyepakati akan ada 1 hari tanpa rokok di seluruh OPD, dan kami akan mengusulkan ini kepada bupati untuk ditetapkan bahwa ada 1 hari dalam 1 minggu untuk bebas rokok,” tegasnya.

Menurutnya, ini adalah sebagai bagian dari upaya penegakkan perda dan juga membangun kesadaran semua pihak. (Adv/Daily25)

Artikel Wabup Thariq Usulkan 1 Hari Tanpa Rokok di Lingkungan Pemda Gorut dimuat melalui news.dailypost.id.

Wabup Thariq Usulkan 1 Hari Tanpa Rokok di Lingkungan Pemda Gorut
  • Bagikan