Ikut Ujian Tahap Akhir Fakultas Hukum UG, Jaharudin Angkat Penelitian Soal 'Proses Perizinan' | DAILYPOST.ID
Advetorial

Ikut Ujian Tahap Akhir Fakultas Hukum UG, Jaharudin Angkat Penelitian Soal ‘Proses Perizinan’

DAILYPOST.ID- Mahasiswa tahap akhir Fakultas Hukum Universitas Gorontalo telah mulai menjalani ujian tahap akhir. Salah satunya, Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Jaharudin Umar.

Dalam penelitiannya, Jaharudin mengangkat judul terkait dengan proses pengelolaan perizinan pulau-pulau di Provinsi Gorontalo yang mencakup tentang kewenangan pemerintah provinsi maupun kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.

Di dalamnya, terkait dengan proses perizinan pengelolaan pulau-pulau terpencil yang ada di wilayah hukum Provinsi Gorontalo.

Sebagaimana diungkapkan Dekan Fakultas Hukum UG Dr. Yusriyanto Kadir, SH, MH. Dikatakan Yusriyanto, berdasarkan hasil ujian tersebut terdapat beberapa tumpang tindih aturan, termasuk kekosongan hukum terkait dengan proses perizinan.

“Masalah berikutnya yang ditemui oleh ketua Bawaslu sebagai peneliti adalah tidak adanya kewenangan yang konkrit terkait perizinan tersebut, tidak ada pembeda secara signifikan antara kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/ kota dalam hal perizinan,” ungkap Yusriyanto.

Masalah yang ditemukan adalah rujukan peraturan yang tidak sama antara daerah-daerah tertentu, seperti misalnya di Boalemo dengan Pulau Ratunya, di Gorontalo Utara dengan Pulau Sarondenya.

“Itu menggunakan rujukan aturan yang tidak sama terkait pengelolaannya, yang lebih parah juga ternyata ada beberapa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa proses perizinannya hanya melalui mekanisme MoU,” jelasnya.

“MoU ini hanya antara pemerintah dengan pihak perubahan sebagai pengelola. Apa implikasi hukumnya yaitu terlihat apabila ketika apa yang di MoU kan proses pengelolaan pariwisata misalnya tetapi ketika ada Sumber Daya Mineral dalam pulau tersebut itu susah dipantau oleh pemerintah dalam hal pengelolaannya,” sambung Yusriyanto.

Pada dasarnya pihak Fakultas Hukum, dalam hal ini pembimbing dan penguji menyambut baik penelitian tersebut.

“Penelitian ini kami sambut baik. Saya sebagai pembimbing 1 sangat mengapresiasi penelitian dari Ketua Bawaslu terkait penelitian pulau-pulau terpencil ini,” tandasnya. (Daily08/ty)

 

Baca Juga:  UG Terapkan Registrasi Pembayaran Biaya Kuliah Via Online

#dailypostid #headline #headlines #universitasgorontalo #ug #kampusgorontalo #bawaslugorontalo

$second_half_content = implode(' ', array_slice($content, $halfway_mark));
Comments

Popular Post

To Top